Picu Halusinasi, Penyakit Otak Misterius Serang Kaum Muda di Kanada

ilustrasi otak manusia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penyakit otak misterius mendadak timbul dan membingungkan para dokter di Kanada lantaran semakin banyak mempengaruhi kaum muda. Dokter mengklaim, penyakit ini menyerang hingga puluhan anak muda di Kanada.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Dikutip dari laman The Sun, penyakit ini mirip dengan penyakit Creutzfeldt-Jakob, (CJD), penyakit otak yang langka dan fatal, salah satu bentuknya dikenal sebagai "Penyakit Sapi Gila". Seorang pelapor mengatakan kondisi tersebut mengkhawatirkan para dokter, dua tahun setelah pertama kali ditemukan pada musim semi 2019.

Gejala yang dicatat oleh kepala kesehatan termasuk masalah memori, kejang otot, masalah keseimbangan, kesulitan berjalan atau jatuh, halusinasi, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan nyeri pada anggota badan.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Berbicara kepada salah satu karyawan Vitalité Health Network, otoritas kesehatan provinsi Kanada, mengatakan kasus yang dicurigai meningkat pada orang muda. Padahal secara teori, orang-orang muda biasanya tidak berisiko terkena penyakit neurodegeneratif, dan mereka yang sebelumnya tampak sehat.

“Saya benar-benar prihatin dengan kasus-kasus ini karena mereka tampaknya berkembang sangat cepat. Saya mengkhawatirkan mereka dan kami berutang penjelasan kepada mereka," kata sumber itu.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Ilustrasi sakit.

Photo :
  • Pexel

Awal Penemuan Kasus

Laporan kasus yang dijelaskan oleh makalah tersebut termasuk seorang ibu muda yang kehilangan hal lalu mengembangkan insomnia dan halusinasi. Wanita berusia 30-an itu kehilangan kemampuan untuk berbicara, mengeluarkan banyak air liur dan sekarang diberi makan melalui selang.

Pengasuhnya, seorang mahasiswa keperawatan berusia 20-an, baru-baru ini mulai menunjukkan gejala penyakit tersebut. Dalam kasus lain yang membingungkan, seorang wanita tiba-tiba mulai kehilangan massa otot dan mengalami demensia dan halusinasi setelah merawat suaminya, seorang pasien yang diduga mengalami kesulitan keseimbangan dan bicara.

Sekitar 48 kasus telah dikonfirmasi oleh Kesehatan Masyarakat New Brunswick (NBPH) - angka yang tidak berubah dalam dua tahun. Tapi diduga ada lusinan lagi, berpotensi 150 kasus tanpa disadari.

Ada delapan kematian yang dilaporkan, tetapi para pejabat mengatakan mereka tidak dapat menjamin penyakit otak misterius yang harus disalahkan atas kematian tersebut.

Bulan ini, sebuah makalah dari komite New Brunswick yang ditugaskan untuk menyelidiki penyakit tersebut diperkirakan mengatakan bahwa 48 kasus adalah hasil dari kesalahan diagnosis oleh dokter otak.

Ilustrasi pasien di rumah sakit.

Photo :
  • Istimewa.

"Ini bukan penyakit New Brunswick. Kami mungkin area yang mengibarkan bendera karena kami sebagian besar pedesaan dan di daerah di mana orang mungkin memiliki lebih banyak paparan faktor lingkungan," ujar salah satu sumber Jaringan Kesehatan Vitalité dan Jaringan Kesehatan Horizon.

Kemungkinan Penyakit Otak

Para ahli mengatakan penyakit itu dapat dikaitkan dengan pemicu lingkungan, dengan beta-Methylamino-L-alanine (BMAA) sangat menarik. BMAA adalah racun yang berpusat di lingkungan laut dan dan air tawar dan telah dikaitkan dengan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Oktober mengatakan bahwa survei terhadap 34 orang dengan penyakit ini tidak menemukan "tidak ada perilaku khusus, atau paparan makanan atau lingkungan" yang menyebabkannya. Penyakit misterius menyerang orang-orang dari kedua jenis kelamin dan segala usia, dengan usia rata-rata pasien adalah 59, tetapi semuda 18 tahun.

Alier Marrero, seorang ahli saraf di New Brunswick yang telah merawat sebagian besar pasien, sebelumnya mengatakan dia telah mendeteksi "pasien yang sangat muda" yang telah menunjukkan gejala pada awal 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya