Makanan Populer Ini Picu Risiko Kanker Prostat 2 Kali Lipat

Ilustrasi gangguan prostat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Makanan tertentu menjadi salah satu faktor risiko pemicu kanker prostat pada pria, namun kerap diabaikan. Rupanya, para peneliti menemukan makanan yang cukup populer ini berisiko dua kali lipat picu risiko kanker prostat. Apa itu?

Akhir Kasus Pria Kribo yang Makan dengan Bayar Semaunya di Warteg Jakpus

Dikutip dari laman The Sun, para peneliti menemukan seseorang yang makan banyak sajian berbasis susu dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit di kemudian hari. Sebuah makalah yang diterbitkan dalam Epidemiological Review menunjukkan, hal itu bahkan dapat melipatgandakan risiko bagi orang yang mengonsumsi susu dalam jumlah tinggi.

"Dalam studi ini, pria dengan asupan susu tertinggi memiliki sekitar dua kali lipat risiko kanker prostat total, dan hingga empat kali lipat peningkatan risiko metastasis atau kanker prostat fatal dibandingkan dengan konsumen rendah," tulis peneliti.

Studi Terbaru Mengungkap 5 Skincare Terbaik Buatan Lokal di Indonesia

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Masih belum diketahui senyawa mana dalam produk susu yang mungkin bertanggung jawab atas asosiasi ini. Namun, beberapa penelitian terbaru yang mampu menyelidiki nutrisi lebih teliti menunjukkan bahwa kalsium dan mungkin fosfor mungkin memainkan peran penting," imbuh para peneliti.

Kenali Pentingnya Konsumsi Multigrain Saat Sarapan

Sebelumnya telah diperkirakan, kandungan lemak dalam susu yang merupakan faktor risiko. Pada tahun 2019, para ilmuwan AS menganalisis data dari 47 penelitian yang mengamati pola makan lebih dari satu juta pria.

Mereka menunjukkan mereka yang secara teratur mengonsumsi produk susu seperti susu, keju, mentega, dan yoghurt antara tujuh dan 76 persen lebih mungkin terkena kanker prostat. Para ahli berpendapat bahwa susu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan utama dan meningkatkan kadar kalsium, keduanya dikaitkan dengan tumor prostat.

Kanker prostat.

Photo :
  • U-Report

"Penelitian belum membuktikan apakah susu atau kalsium memiliki efek langsung pada risiko kanker prostat. Ada beberapa penelitian yang menemukan peningkatan risiko pada orang yang mengonsumsi susu dalam jumlah besar. Tapi tidak ada cukup bukti bagus untuk ini. Namun, Makan dan minum susu dan produk susu dapat mengurangi risiko kanker usus," ujar Cancer Research UK.

Prostat adalah kelenjar kecil seukuran buah kenari, yang terletak di sekitar uretra (saluran tempat pria buang air kecil dan ejakulasi, antara penis dan kandung kemih). Gejala kanker prostat meliputi lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari, Sulit memulai buang air kecil, Aliran lemah, Mengejan dan lama saat buang air kecil, Merasa kandung kemih belum sepenuhnya kosong.

Dalam kebanyakan kasus, kanker prostat tidak memiliki gejala apapun sampai pertumbuhannya cukup besar untuk memberi tekanan pada uretra. Tanda-tanda bahwa kanker telah menyebar termasuk nyeri tulang, punggung, atau testis, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya