Vaksin Pfizer Diizinkan untuk Booster COVID-19 pada Remaja

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), telah memperluas kelayakan dosis vaksin COVID-19 booster. Dengan atas rekomendasi Komite Penasihat Praktik Imunisasi (ACIP), maka vaksin booster Pfizer layak untuk mereka yang berusia remaja.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Dikutip dari laman The Health Site, badan kesehatan tersebut merekomendasikan bahwa remaja berusia 12 hingga 17 tahun harus menerima suntikan booster 5 bulan setelah seri vaksinasi Pfizer-BioNTech awal mereka. CDC mengklaim bahwa penguat COVID-19 itu akan membantu memperluas dan memperkuat perlindungan terhadap Omicron dan varian SARS-CoV-2 lainnya.

"Sangat penting bagi kita untuk melindungi anak-anak dan remaja kita dari infeksi COVID-19 dan komplikasi penyakit parah. Hari ini, saya mendukung pemungutan suara ACIP untuk memperluas kelayakan dan memperkuat rekomendasi kami untuk dosis booster. Kami sekarang merekomendasikan bahwa semua remaja berusia 12-17 tahun harus menerima suntikan booster 5 bulan setelah seri utama mereka," ujar Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Saat ini, hanya vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 yang diizinkan dan direkomendasikan untuk remaja berusia 12-17 tahun di AS. Komite Penasihat meninjau data keamanan yang tersedia setelah pemberian lebih dari 25 juta dosis vaksin pada remaja dan menyimpulkan bahwa vaksin COVID-19 aman dan efektif, menurut pernyataan CDC.

Ilustrasi vaksin.

Photo :
  • Freepik/jcomp
Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

"Dosis booster ini akan memberikan perlindungan yang optimal terhadap COVID-19 dan varian Omicron. Saya mendorong semua orang tua untuk selalu memberikan informasi terbaru kepada anak-anak mereka Rekomendasi vaksin COVID-19 dari CDC," imbuhnya.

Dosis tambahan untuk anak-anak dengan gangguan sistem imun

Sehari sebelumnya, CDC merekomendasikan dosis vaksin primer tambahan untuk anak berusia 5-11 tahun dengan gangguan kekebalan sedang atau berat yang harus diberikan 28 hari setelah suntikan kedua mereka. Untuk anak-anak berusia 5-11 tahun, hanya vaksin Pfizer yang diizinkan dan direkomendasikan di AS .

Badan kesehatan juga telah memperpendek interval suntikan booster dari 6 bulan menjadi 5 bulan untuk orang yang menerima Vaksin Pfizer COVID-19. Ini berarti mereka dapat menerima suntikan booster Pfizer 5 bulan setelah menyelesaikan seri utama mereka. Namun, rekomendasi interval booster untuk vaksin J&J (2 bulan) atau vaksin Moderna (6 bulan), tetap sama.

Penguat Pfizer menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap Omicron

Bulan lalu, Pfizer mengumumkan bahwa dosis ketiga dari vaksin mRNA-nya dapat melindungi dari jenis Omicron Covid-19. Antibodi serum yang dihasilkan oleh vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 satu bulan setelah menerima suntikan booster (dosis ketiga) menetralkan varian Omicron ke tingkat yang sebanding dengan yang diamati untuk protein lonjakan SARS-CoV-2 tipe liar setelah dua dosis , kata perusahaan itu.

"Meskipun dua dosis vaksin mungkin masih menawarkan perlindungan terhadap penyakit parah yang disebabkan oleh jenis Omicron, jelas dari data awal ini bahwa perlindungan ditingkatkan dengan dosis ketiga vaksin kami," Albert Bourla, Ketua dan Chief Executive Officer, Pfizer, kata dalam sebuah pernyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya