6 Manfaat Minum Air Lemon, Membantu Menurunkan Berat Badan

Air lemon
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Air lemon telah menjadi minuman populer selama bertahun-tahun. Nah, jika Anda ingin menurunkan berat badan, itu mungkin sepadan. Untuk lebih jelasnya, tidak banyak penelitian ilmiah tentang air lemon dan manfaat kesehatannya. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Namun, ada banyak penelitian tentang manfaat kesehatan dari minum air putih biasa, dan sedikit lemon hanya akan mempercantik minuman, bukan? Pikirkan seperti ini: Jika air lemon membuat Anda minum lebih banyak air, maka semakin banyak manfaat kesehatan yang diperoleh.

Misalnya, satu studi 2011 membagi kelompok 48 orang dewasa menjadi dua kelompok: diet rendah kalori dengan 0,5 liter air sebelum makan dan diet rendah kalori tanpa air sebelum makan. Setelah 12 minggu, mereka yang minum air sebelum makan setiap hari kehilangan berat badan 44% lebih banyak daripada mereka yang tidak minum air.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Di bawah ini, kami memberikan  penjelasan (berdasarkan sains!) Mengapa air lemon dapat membantu upaya penurunan berat badan dikutip dari eatthis.com.

Membantu meningkatkan asupan air 

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi dehidrasi.

Photo :
  • http://tipskesehatanmu99.blogspot.com

Hidrasi adalah kunci untuk kesehatan umum secara keseluruhan. Dalam artikel sebelumnya tentang dehidrasi, Sakiko Minagawa, MS, RDN, LD memberi tahu kami bahwa asupan air yang direkomendasikan secara umum untuk wanita adalah sekitar 9,8 ons gelas sehari sedangkan untuk pria adalah 12,5 gelas. 

Namun, rekomendasi tersebut berfluktuasi karena tingkat aktivitas dan suhu di luar meningkat. Misalnya, seseorang yang berlari beberapa mil dalam cuaca 80 derajat perlu minum lebih banyak air. Dengan itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hidrasi saja dapat membantu menurunkan berat badan. 

Dapat meningkatkan metabolisme

Sesuatu yang sederhana seperti air lemon bisa menjadi trik untuk meningkatkan metabolisme Anda dan sebagai hasilnya, membantu Anda menurunkan berat badan sedikit lebih mudah. 

Sekali lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa air minum saja dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan menginduksi thermogenesis: proses metabolisme di mana kalori dibakar untuk menghasilkan panas. Lemon hanya menambahkan sedikit rasa!

Satu studi 2013 memiliki 50 gadis yang kelebihan berat badan minum 500 mililiter air, atau hampir dua gelas 8 ons, air tiga kali sehari selama delapan minggu. Mereka meminum air tersebut setengah jam sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam, yang melebihi asupan air biasa mereka. 

Hasilnya signifikan secara statistik, karena semua peserta mengalami penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan komposisi tubuh yang cukup besar.

Membuat Anda merasa kenyang

Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, air minum dapat sedikit mengurangi nafsu makan Anda. Ini tidak berarti Anda harus mengganti makanan dengan air dengan cara apa pun, namun, minum satu atau dua gelas air sebelum makan dapat membantu Anda makan lebih sedikit.

Dan jika air lemon lebih menarik selera Anda daripada air biasa, tentu saja, belah dua lemon dan peras. Satu studi tahun 2008 mengungkapkan bahwa mereka yang minum 16,9 ons (lebih dari dua cangkir) air sebelum sarapan mengonsumsi 13% lebih sedikit kalori selama makan daripada mereka yang tidak minum air.

Ilustrasi air lemon.

Photo :
  • U-Report

Melancarkan pencernaan 

Manfaat lemon untuk diet yang pertama adalah untuk membantu dalam melancarkan pencernaan. Cara memperoleh manfaatnya pun mudah, cukup gunakan air lemon hangat. Air lemon hangat sangat cocok untuk membersihkan hati.

Kandungan lemon dapat meningkatkan motilitas lambung dan membantu buang air besar secara teratur. Itu seperti pembersih darah, minum air lemon hangat setelah makan siang atau makan malam itu baik.

Mengecilkan perut buncit

Menghilangkan perut buncit.

Photo :
  • U-Report

Manfaat lemon untuk diet selanjutnya adalah bisa mengecilkan perut yang buncit. Kita semua tahu bahwa lemak perut adalah masalah yang dikeluhkan banyak orang. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jus lemon yang dicampur dengan segelas air hangat setiap sore, minimal tiga kali dalam seminggu. Akibatnya, perut yang buncit akan mengecil.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin C dalam lemon bisa membantu membuat antibodi tambahan. Menjaga daya tahan tubuh saat berdiet sangat penting agar tubuh tetap sehat selama berdiet.

Kamu bisa makan buah-buahan yang kaya vitamin C, lemon adalah salah satunya. Sensasi lemon dan madu menjadi pilihan minuman yang cocok untuk meningkatkan semangat dan daya tahan tubuh selama menjalani diet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya