3 Gejala Omicron yang Harus Diwaspadai, Jangan Dianggap Sepele

Sakit kepala
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Menurut analisis Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, batuk, kelelahan, hidung tersumbat dan pilek adalah empat gejala paling umum dari varian Omicron. Profesor Tim Spector of Genetic Epidemiology di King's College London, juga kepala aplikasi studi ZOE COVID di Inggris, mendesak semua orang yang menderita gejala seperti pilek untuk segera dites. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut dia, demam ringan, kelelahan, tenggorokan gatal, nyeri tubuh, keringat malam tanpa disertai hilangnya indra penciuman dan perasa bisa menandakan infeksi Omicron. Dalam pembaruan terbaru, ia juga menyoroti bahwa mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan juga merupakan beberapa gejala yang dilaporkan oleh pasien Omicron.

Melihat peningkatan jumlah kasus COVID-19 di Inggris, Dokter Claire Steves, salah satu ilmuwan di aplikasi ZOE Covid Study, mendesak Pemerintah untuk memperbarui daftar gejala resminya. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Ini adalah kabar baik untuk melihat bahwa lebih sedikit orang yang baru sakit daripada beberapa minggu yang lalu. Namun, fakta bahwa 75 persen gejala baru seperti flu adalah Covid, dan gejala klasiknya jauh lebih jarang, berarti saran Pemerintah perlu segera diperbarui," katanya.

Berikut ini adalag gejala-gejala yang perlu diperhitungkan dan wajib diwaspadai, seperti dikutip dari Times of India.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sakit tenggorokan

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Tenggorokan sakit atau gatal merupakan gejala yang mengemuka sejak awal kemunculan varian Omicron. Ini bisa dikaitkan dengan rasa sakit dan iritasi di tenggorokan.

Dr Angelique Coetzee, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, yang juga pertama kali mendeteksi varian Omicron, sebelumnya mengatakan bahwa sebagian besar pasien yang terinfeksi varian baru melaporkan tenggorokan "gatal" dengan suhu tubuh ringan yang membaik dengan sendirinya. .

Sakit kepala

Sakit kepala adalah suatu kondisi yang bisa muncul karena berbagai alasan. Tetapi sejauh menyangkut varian COVID-19 atau Omicron, para ilmuwan mendesak agar itu ditambahkan ke daftar gejala resmi.

Mengingat peradangan yang terjadi di tubuh pasca infeksi, sakit kepala adalah penyakit umum yang mungkin timbul setelahnya. Rasa sakit dapat berkisar dari tajam hingga tumpul, yang mungkin terjadi dengan gejala lain.

Hidung berair

Pilek

Photo :
  • Times of India

Sejauh ini, sebagian besar gejala Omicron dikatakan bertepatan dengan pilek atau flu biasa, sehingga sulit untuk membedakan apakah yang diderita seseorang adalah COVID-19 atau pilek biasa.

Hidung meler adalah gejala yang berulang kali dikaitkan dengan virus corona. Baik dalam kasus infeksi terobosan atau infeksi varian Omicron, pilek menjadi lebih umum pada pasien COVID-19.

Cara paling akurat untuk menentukan infeksi COVID-19 adalah melalui tes RT-PCR. Sementara tes di rumah mungkin merupakan pilihan yang lebih nyaman untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, tes molekuler dapat memberi tahu Anda hasil yang tepat.

Profesor Tim Spector merekomendasikan siapa pun yang mengalami gejala flu untuk melakukan tes COVID-19, untuk mencegah penyebaran virus. Juga disarankan untuk tinggal di rumah sampai dan kecuali Anda tahu apa yang diderita. CDC merekomendasikan setidaknya 10 hari isolasi di rumah sejak timbulnya gejala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya