Ahli: Bumbu Dapur Ini Bisa Turunkan Kolesterol & Obati Darah Tinggi

Daun salam
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika tekanan darah yang mengalir di dalam tubuh menjadi lebih tinggi atau di atas tekanan darah normal. Tekanan darah tinggi tergolong kondisi yang serius, apalagi jika tidak terkontrol.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Ada banyak risiko penyakit berbahaya yang mengintai, mulai dari serangan jantung, stroke hingga gangguan ginjal.

Untuk itu, penting menjaga tekanan darah dengan baik, dengan mengontrol darah tinggi dan rutin mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, darah tinggi juga bisa diobati dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Namun tidak hanya itu, katanya mengonsumsi daun salam juga bisa mengobati darah tinggi. Benarkah demikian? Terkait hal itu, ahli farmakologi dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm.D angkat bicara.

Dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 12 Januari 2022, Wawaimuli menjelaskan bahwa daun salam bisa mengobati darah tinggi.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Sebab, kata dia, daun salam banyak mengandung zat aktif salah satunya quercetin yang bisa menyebabkan fasodilasoti dari pembuluh darah.

Daun Salam Koja.

Photo :
  • U-Report

"Hal ini bisa berkontribusi menurunkan tekanan darah," kata dia.

Di samping itu, kandungan aktif dalam daun salam juga memiliki efek menghambat suatu enzim yakni anotensiter yang mana juga berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah.

"Biasanya daun salam dianjurkan untuk penderita yang hipertensi derajat ringan, kalau sudah grade 1 dan dua konsulitasi ke dokter karena tidak hanya bisa dengan rebusan daun salam saja," kata dia.

Selain itu, daun salam juga diketahui dapat mengatasi kolesterol. Hal ini terbukti dari sejumlah laporan penelitian yang dilakukan pada hewan coba maupun di laboratorium yang menunjukkan kandungan aktif daun salam memiliki sifat menghambat enzim yang membentuk kolesterol.

"Sehingga pada keadaan awal atau keadaan kolesterol meningkat bisa diobati sementara dengan daun salam, kalau sudah terlanjur tinggi konsultasi ke dokter karena daun salam tidak hanya bisa mengobati kolesterol," kata dia.

Tidak sampai di situ, daun salam juga diungkap Wawaimuli dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Yang mana daun salam kata dia dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan dapat menurunkan gula darah. Ketiganya ini merupakan kondisi dari faktor pencetus risiko terjadinya penyakit jantung.

"Jadi ketika memiliki gangguan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi bisa gunakan daun salam dalam jangka waktu tertentu, namun jika tidak bisa menurunkannya harus konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya