6 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Donor Darah

Ilustrasi donor darah.
Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Seperti pasien dengan penyakit sel sabit atau kanker membutuhkan transfusi darah selama perawatan mereka, dan satu korban kecelakaan mobil dapat membutuhkan hingga 100 liter darah.

Karena darah tidak dapat dibuat atau diproduksi, pasien-pasien ini bergantung pada donor darah seumur hidup mereka. Hal ini mungkin sesuatu yang sudah Anda ketahui. 

Anda mungkin pernah melihat poster dan bank darah keliling yang besar—donor darah masyarakat sering kali menjadi sorotan publik. Kita sering mendengar tentang pentingnya mendonorkan darah bagi penerimanya. Satu donor darah dapat membantu hingga tiga pasien.

Tapi apa manfaat mendonorkan darah bagi pendonor? Kami tidak sering mendengar tentang sisi pengaturan itu. Meskipun dampaknya sedikit kurang jelas, ada beberapa keuntungan kesehatan yang didapat dari mendonor darah.

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk mendonorkan darah tetapi tidak yakin akan efeknya pada tubuh Anda. Atau mungkin Anda pernah melakukannya dan ingin tahu bagaimana dampaknya jika Anda berdonasi secara teratur. 

Bagaimanapun, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa keuntungannya. Kami berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mengidentifikasi beberapa manfaat terbesar dari mendonorkan darah. Berikut ini manfaat mendonor darah dikutip dari laman rasmussen.edu.

1. Donor darah dapat mengungkap masalah kesehatan