Minum Teh Ini 3 Kali Sehari, Atasi Hipertensi dan Penyakit Jantung

hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup dan telah memengaruhi hampir 30 persen populasi di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan aliran darah tinggi yang konstan di arteri yang memberi tekanan sehingga menyebabkan berkurangnya elastisitas.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pada gilirannya, kondisi itu dapat menggagalkan aliran oksigen dan darah menuju jantung, sehingga menyebabkan penyakit jantung. Itulah sebabnya hipertensi menjadi salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

Sementara penyakit kardiovaskular sendiri, telah dinyatakan sebagai salah satu kondisi kesehatan yang paling mengkhawatirkan yang berhubungan dengan tingkat kematian yang tinggi.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui lebih jauh mengenai hipertensi dan penyakit jantung, dan mencari cara untuk memeranginya. Salah satunya dengan perubahan gaya hidup, seperti mengonsumsi makanan atau minuman sehat tertentu yang berkontribusi besar untuk mengatasi dua kondisi ini.

Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi 3 cangkir sehari minuman hangat seperti teh hitam, dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Karena membantu hipertensi, maka cara ini juga efektif dalam mengendalikan penyakit jantung.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Teh hitam.

Photo :
  • U-Report

Dilansir Times of India, Rabu 12 Januari 2022, teh hitam mengandung flavonoid, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan berkontribusi menjaga kesehatan jantung dengan membantu darah mengalir bebas di arteri. Flavonoid juga dapat mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab utama memburuknya kesehatan jantung.

Namun, meskipun mengonsumsi 3-4 cangkir teh hitam sehari telah terbukti memiliki efek menguntungkan terhadap jantung dan penurunan hipertensi, penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. 

Diketahui, terlalu banyak konsumsi teh hitam dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia karena kandungan kafein yang ada di dalamnya. 

Kafein dapat merangsang sistem saraf sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk memantau kuantitas dan frekuensi saat minum teh hitam untuk mendapatkan efek yang optimal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya