dr. Zaidul Akbar: Kurangi 4 Hal Ini, Lemak Rontok dalam 3 Hari

Ilustrasi lunturkan lemak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, menyarankan untuk mengurangi beberapa makanan tidak sehat yang dapat menimbulkan timbunan lemak. Salah satunya adalah gula. 

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Menurut dia, gula jika tidak terpakai oleh tubuh, maka akan diubah menjadi glikogen. Glikogen sendiri jika kembali tidak terpakai, maka akan diubah menjadi lemak. 

"Sekarang pertanyaannya, kita saat ini kira-kira banyak gak kelebihan gula? Banyak. Tandanya apa? Lipatan di pinggang salah satunya. Ibu-ibu yang dulunya wajahnya persegi sekarang jadi rembulan. Itu kira-kira apa? Lemak, kan?" kata dia dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Kamis 13 Januari 2022. 

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Kemudian, dokter Zaidul menjelaskan kandungan yang terdapat pada nasi goreng. 

"Nasi goreng dimasak pakai minyak, minyaknya lemak. Terus makannya pakai bakwan. Bakwan isinya tepung. Tepung juga gula, kalau gak dipake berubah menjadi lemak. Ada temennya lagi namanya kerupuk. Kerupuknya tepung, digoreng jadi lemak lagi. Ada tambahannya lagi, minumnya sama teh manis. Isinya gula," papar dia.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Ilustrasi minyak goreng.

Photo :
  • U-Report

"Kalau bahasa kerennya, it's not fat that makes you fat, bukan lemak yang membuat Anda berlemak, tapi it's sugar, gula. Dan dia biang kerok banyak masalah penyakit. Maka satu hal, kalau Anda mau hidup sehat mulai sekarang, maka kurangilah makan produk berbasiskan gula pasir," tambahnya. 

Jadi, Zaidul menyarankan, jika kita terbiasa minum kopi, usahakan jangan menambahkan gula. Lalu, bagaimana caranya agar tidak terasa pahit, namun tetap mendapatkan pemanis yang alami? 

"Makannya sama kurma, kan manis. Minum kopi sama kurma. Gapapa, boleh minum kopi. Kita dapat manisnya (dari kurma)," terang dia. 

Zaidul kembali menegaskan, ada dua poin yang dia tekankan, yaitu nasi putih dan gula. Di mana nasi putih masuk golongan gula sederhana, yang ujung-ujungnya akan menjadi lemak. 

"Saya bukan melarang makan nasi, kita tetap butuh karbohidrat, tapi gulanya kompleks jangan (gula) sederhana. Sehingga Anda lebih baik makan bekatul daripada makan nasi, lebih sehat. Jadi nasinya 1 sendok, bekatulnya 2-3 sendok. Campurin, makan sama ayam," ucap dia membuat jamaahnya tertawa. 

Praktisi medis itu menyimpulkan, jika ingin hidup sehat, maka mulai sekarang, pertama kurangi konsumsi nasi putih. 

"Yang kedua, kurangi gula pasir. Ketiga kurangi tepung, keempat kurangi minyak. Anda kerjakan ini, gak usah lama-lama, 3 hari aja dulu, liat badannya kaya apa nanti. Enak banget. Sesimpel itu sebenarnya, kalau kita udah ngerti isi dari apa yang udah kita makan," tutup dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya