Jangan Anggap Enteng, Begini Cara Membedakan COVID-19 vs Flu

Flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Baik COVID-19 maupun flu adalah infeksi pada gejala saluran pernapasan atas yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Disebabkan oleh dua jenis virus yang berbeda, kedua kondisi tersebut memiliki gejala yang tumpang tindih, sehingga sulit untuk membedakan satu sama lain. 

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Menunda proses pengobatan, yang dapat memperburuk gejala dan meningkatkan risiko komplikasi dalam kasus COVID-19. Meskipun mungkin perlu upaya, gejala flu dan COVID-19 dapat dibedakan. Anda hanya perlu mencari pola dan mempelajari gejalanya dengan tepat. Di sini kami akan memberi tahu Anda bagaimana infeksi virus corona dan flu berbeda satu sama lain dikutip dari Times of India.

?Penyebab

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/Tumisu

Baik COVID-19 maupun flu adalah infeksi virus, yang disebabkan oleh dua jenis virus yang berbeda. Flu disebabkan oleh virus influenza A dan B manusia. 

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Dari keduanya, Influenza, virus A bertanggung jawab atas sebagian besar kasus flu di musim dingin karena lebih menular dan dapat menginfeksi manusia dan hewan. Di sisi lain, COVID-19 disebabkan oleh strain virus sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Gejala COVID-19 dan flu

Ilustrasi demam

Photo :
  • U-Report

Tingkat keparahan COVID-19 dan gejala flu bervariasi dari orang ke orang. Dalam kasus terburuk, kedua infeksi dapat menyebar ke sistem pernapasan bagian bawah dan menyebabkan pneumonia. Batuk, demam, kelelahan adalah tiga gejala umum COVID-19 dan flu. 

Hidung meler, hidung tersumbat, diare, sakit tenggorokan, nyeri otot dan kedinginan juga merupakan tanda dari kedua kondisi tersebut, tetapi mungkin tidak terlihat pada semua kasus. Gejala yang membantu membedakan COVID-19 dari flu adalah sesak napas dan kehilangan rasa dan penciuman. Kedua tanda ini cukup umum dalam kasus infeksi virus corona, tetapi tidak dalam kasus flu.

Sesuai penelitian, COVID-19 juga lebih mematikan dibandingkan dengan flu. Jadi, disarankan untuk tidak menganggap enteng kondisi ini dan melakukan tes segera setelah Anda melihat gejala apa pun atau Anda telah melakukan kontak dengan siapa pun yang telah dites positif.

Kapan tanda itu muncul

Ilustrasi flu

Photo :
  • Times of India

Meski sama-sama merupakan infeksi virus pada sistem pernapasan bagian atas, namun kecepatan penularan kedua virus tersebut berbeda satu sama lain. Gejala flu muncul lebih cepat dan bisa menyebar lebih cepat dari virus corona. 

Mereka yang terinfeksi flu biasanya mengalami gejala dalam 1-4 hari, sedangkan pada COVID-19 tandanya bisa muncul antara 1-14 hari. Namun, penderita flu dan COVID-19 dapat dengan mudah menularkan virus ke orang lain sebelum mereka menunjukkan gejala apa pun.

Bagaimana mereka menyebar?

Baik SARS-CoV-2 dan virus flu dapat menyebar dari satu orang ke orang lain dengan menghirup partikel aerosol yang terkontaminasi. Virus ditransfer ketika orang yang sehat menghirup tetesan kecil yang tersuspensi di udara yang terkontaminasi virus yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi saat bersin, batuk dan berbicara.

Virus ini juga dapat hidup di permukaan selama berhari-hari dan dapat berpindah ketika seseorang melakukan kontak dengan mereka. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kedua virus dapat dengan mudah ditransfer ke orang yang berjarak 6 kaki, oleh karena itu dianjurkan untuk menjaga jarak untuk mengurangi risiko infeksi.

Data menunjukkan bahwa gejala flu dapat dengan mudah ditularkan dari anak-anak ke orang dewasa. Tetapi dalam kasus COVID-19, anak-anak cenderung tidak terinfeksi atau mengalami gejala apa pun.

?Pencegahan

Ilustrasi mencuci tangan.

Photo :
  • Freepik/shayne_ch13

Cara paling efektif untuk mencegah COVID-19 dan flu adalah melalui vaksinasi. Ada berbagai vaksin yang tersedia yang dapat mengurangi risiko kedua kondisi pernapasan virus. Tetapi karena virus terus bermutasi, hanya mendapatkan vaksinasi tidak menjamin perlindungan penuh Anda terhadap flu atau COVID-19. Anda juga harus mengikuti beberapa tindakan pencegahan agar tetap aman:

- Rajin cuci tangan
- Menghindari menyentuh wajah
- Pertahankan setidaknya 6 kaki dari yang lain
- Menutup mulut saat bersin atau batuk
- Tetap di rumah jika merasa tidak enak badan
- Menghindari keramaian dan pertemuan dalam berbagai ukuran

Dengan meningkatnya kasus virus corona varian omicron dan penurunan suhu, ada ancaman ganda berupa flu dan virus corona. Kedua kondisi tersebut memengaruhi sistem pernapasan dan jika seseorang mengembangkannya bersama-sama, akan menjadi lebih sulit bagi tubuh untuk melawan dua jenis virus yang berbeda. 

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Melihat situasi saat ini, menjadi lebih penting untuk mengikuti norma dan mendapatkan vaksinasi. Karena gejala COVID dan flu cukup sering tumpang tindih, yang terbaik adalah mengisolasi segera setelah Anda mengalami gejala. 

Mulailah pengobatan simtomatik dengan berkonsultasi dengan dokter Anda. Selain itu, tingkat penyebaran COVID-19 saat ini, hanya aman untuk diuji untuk mengesampingkan kemungkinan infeksi COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya