4 Manfaat Mengonsumsi Jamu Kunyit Asam bagi Wanita

Ilustrasi air kunyit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia kaya akan rempah-rempah, bahkan sejak dahulu masyarakat selalu memanfaatkan rempah untuk pengobatan. Salah satu rempahnya adalah kunyit. Rempah berwarna kuning ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Kunyit asam merupakan perpaduan antara kunyit dan asam jawa, dan ini adalah jamu yang cukup populer di Indonesia. Di dalamnya terkandung nutrisi yang baik untuk tubuh, dan dipercaya mampu meningkatkan kesuburan terutama bagi wanita.

Jmau kunyit asam yang memiliki rasa segar, bagus untuk kesehatan rahim wanita. Ini membuat kunyit asam menjadi salah satu pilihan minuman yang baik untuk dikonsumsi. 

Ustaz Khalid Basalamah Ungkap Posisi Istri Usai Berhubungan Seks Agar Cepat Mendapatkan Keturunan

Lalu apa saja manfaat yang didapatkan ketika Anda rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam? Dilansir dari Sahijab berikut ini manfaat kunyit asam.

1. Meredakan nyeri haid

Rupanya Hal Ini yang Pengaruhi Masalah Fertilitas di Indonesia

Salah satu manfaat kunyit asam bagi perempuan adalah meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Sakit saat haid

Photo :
  • Pixabay

Lalu ada juga manfaat dari asam jawa, yaitu dengan reaksi sesquiterpenes, alkaloid, tannin, saponin, dan phlobotamin dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan otak. Lalu, otak akan memerintah tubuh untuk meredakan kontraksi rahim.

2. Mengatasi rahim dari peradangan

Kunyit asam memiliki manfaat untuk masalah peradangan pada rahim wanita. Masalah ini mampu menghambat kesuburan reproduksi wanita. Kandungan yang terdapat dalam kunyit dapat membantu mengatasi peradangan pada rahim.

3. Membantu mengatasi keputihan

Keputihan dapat terjadi akibat tidak seimbangnya hormon yang ada di dalam tubuh. Apabila dibiarkan secara terus menerus, maka keputihan ini akan menyebabkan kemandulan.

Keputihan pada wanita.

Photo :
  • U-Report

Dan dengan mengkonsumsi kunyit asam bisa mencegah atau mengatasi keputihan ini . Caranya dengan merebusnya dan gunakan airnya untuk membasuh organ kewanitaan kamu. Dengan menjaga rahim yang bersih tanpa ada pertumbuhan jamur, membantu menjaga kesuburan dari organ kewanitaan.

4. Melancarkan aliran darah dalam rahim

Aliran darah yang lancar di dalam daerah kewanitaan dan rahim membantu mencegah adanya kemandulan. Menjaga aliran darah pada rahim ternyata dapat dilakukan dengan meminum rebusan kunyit asam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya