6 Aktivitas Paling Berisiko Terkena COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/pikisuperstar

VIVA – Dengan munculnya varian Omicron, masyarakat diminta kembali lebih waspada dalam menjalankan aktivitas di luar rumah. Selain itu, imbauan untuk tetap disiplin menjalani protokol kesehatan juga terus digalakkan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Namun, ada sejumlah aktivitas yang paling berisiko menularkan COVID-19. Dikutip laman Times of India, menurut penelitian, beberapa aktivitas berisiko yang meningkatkan transmisi COVID-19 adalah pergi belanja, meninggalkan rumah untuk bekerja, menggunakan transportasi publik, makan di restoran, bermain permainan olahraga, pergi ke pesta di dalam atau luar ruangan.

Penelitian menyebutkan bahwa, baik dalam masa pembatasan sosial ketat atau tanpa pembatasan sosial, belanja menimbulkan proporsi yang paling tinggi dalam terjadinya penularan di luar rumah.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Aktivitas lainnya seperti keluar rumah untuk bekerja dan penggunaan transportasi publik juga merupakan kontributor kunci dalam penyebaran infeksi. Meskipun para peneliti mengatakan bahwa berpartisipasi dalam olahraga, baik di dalam maupun luar ruangan, dikaitkan dengan meningkatnya risiko penularan COVID-19, para peneliti juga mengatakan bahwa ini bisa dikarenakan kegiatan sosial yang berhubungan dengan aktivitas olahraga.

Ilustrasi pemakaian masker cegah virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik
Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Studi itu mengingatkan bahwa orang yang keluar untuk belanja, bahkan dua kali seminggu, kemungkinan besar tertular virus dibanding yang lainnya.

Meski bukan kontributor utama, tapi berdasarkan data yang didapat dari studi aktivitas luar ruangan yang bukan untuk rumah tangga, seperti menggunakan mobil bersama orang lain di luar rumah, makan di restoran, kafe atau kantin, pergi ke pesta juga memicu penularan COVID-19 di tingkat yang tidak bisa diabaikan.

Meski demikian, studi itu juga mengungkap beragam aktivitas yang tidak membawa penularan COVID-19 dari satu orang ke orang lain. Studi tidak mendapat bukti apapun yang baik dari peningkatan risiko ketika menonton bioskop, teater, konser atau acara olahraga, begitu juga ke salon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya