Pakar Sebut Minuman 'Sehat' Ini Berbahaya Bagi Wanita dan Remaja

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Minuman kekinian dengan rasa manis dan menyegarkan kerap menjadi kegemaran anak remaja. Siapa sangka, minuman kekinian yang dianggap sehat ternyata menyimpan bahaya, terutama bagi wanita dan gadis remaja.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Pakar Nutrisi, Profesor Ian Givens memperingatkan orang yang gemar mengonsumsi alternatif susu yang tren seperti oat, almond dan susu kedelai. Pengganti susu adalah makanan pokok dari pola makan nabati (vegan) dan umumnya lebih rendah kalori daripada makanan standar hijau atau biru. Tetapi mereka hampir tidak memiliki manfaat susu sapi.

Kekhawatiran Prof Given adalah bahwa wanita dan anak remaja mengorbankan asupan nutrisi penting mereka dengan mengurangi produk susu. Tren yang semakin berkembang untuk membatasi daging merah dari makanan, katanya, telah memperburuk tingkat defisiensi mineral.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Prof Givens yang juga direktur Institute for Food, Nutrition and Health di Reading University mengatakan bahwa wanita sangat berisiko terhadap produk alternatif susu yang dinilai lebih sehat. Sebab, tubuh mereka lebih sensitif terhadap 'pesan' yang bertentangan dengan daging dan susu.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik/freepik
Di Jombang, Ditemukan Gudang Simpan Makanan Kadaluarsa Hingga Tak Berizin

"Kekhawatirannya adalah, ada sejumlah kasus yang sangat spesifik di mana anak-anak kecil telah beralih ke produk ini dan telah mengembangkan semacam kekurangan protein yang tidak Anda harapkan di masyarakat," ujarnya dikutip dari laman The Sun.

Data menunjukkan, setengah dari perempuan berusia antara 11 dan 18 tidak mendapatkan tingkat zat besi yang direkomendasikan dibandingkan dengan 11 persen laki-laki pada usia yang sama. Sekitar 27 persen wanita berusia antara 19 hingga 64 tahun tidak mencapai target zat besi dibandingkan dengan hanya dua persen pria.

“Itu telah terjadi selama 20 hingga 30 tahun terakhir, sebenarnya, dan itu mengkhawatirkan” kata Prof Givens pada konferensi media.

Zat besi dapat ditemukan dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan dan buah kering, tetapi paling banyak terdapat pada daging.

Zat besi adalah faktor kunci dalam membantu darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan ketika tubuh tidak dapat melakukan ini dengan benar dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan konsentrasi yang merupakan gejala anemia.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Pixabay/manolofranco

Menurut Survei Diet dan Gizi Nasional yang didanai pemerintah, seperempat gadis remaja mengonsumsi terlalu sedikit yodium, kalsium, dan seng, 

"Itu sebagian besar merupakan fungsi dari pengurangan konsumsi susu,” kata Prof Givens.

Dia memperingatkan bahwa susu adalah salah satu sumber yodium terkaya, yang juga ditemukan pada ikan laut dan kerang. Ketiga makanan tersebut dilarang dalam pola makan vegan yang ketat. Tetapi kekurangan yodium merupakan kekhawatiran khusus pada wanita muda yang mendekati usia subur karena sangat penting untuk kesehatan janin, kata Prof Givens.

Pakar mengatakan, kalsium serta magnesium, yang juga kurang dalam makanan wanita, penting untuk perkembangan tulang. Wanita muda yang mengalami defisiensi pada masa remajanya dapat menghadapi masalah yang lebih besar setelah menopause, ketika kesehatan tulang dapat memburuk karena hormon.

"Tahun-tahun remaja sangat penting untuk perkembangan tulang.Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, ini memiliki arti penting dalam hal kesehatan tulang pada orang tua, meningkatkan risiko patah tulang yang dapat mengurangi kualitas hidup," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya