Gatal Hingga Ada Benjolan di Miss V, Pertanda Apa?

Ilustrasi organ intim.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Organ intim wanita sangat bervariasi, baik itu dalam bentuk dan ukuran yang tak akan pernah sama dengan orang lain. Miss V sendiri berfungsi dalam berbagai hal mulai dari sesi bercinta hingga menstruasi setiap bulannya.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Di sisi lain, ada beberapa tanda yang muncul pada Miss V yang rupanya menjadi gejala dari penyakit lain. Berikut ada lima tanda yang harus Anda perhatikan pada Miss V, yang mungkin berarti Anda perlu diperiksa ke dokter, dikutip dari laman The Sun, Jumat, 15 Januari 2022.

Sensasi terbakar atau gatal

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

ilustrasi organ intim/vagina.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Jika Anda mengalami sensasi terbakar atau gatal di bagian bawah, bisa jadi karena sesuatu yang sederhana seperti bubuk cucian yang Anda gunakan, atau kepekaan terhadap shower gel atau produk baru.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Gatal pada alat kelamin juga bisa disebabkan oleh mencukur atau mengoleskan krim atau larutan tertentu di bawahnya. Beberapa penyebab paling umum dari gatal-gatal termasuk infeksi jamur, kutu, eksim dan infeksi menular seksual.

Sebagian besar kondisi dapat diobati dengan obat bebas, tetapi jika Anda merasa terinfeksi, Anda harus menemui dokter atau praktisi perawatan kesehatan. Dr Suzy Elneil, konsultan di uroginekologi dan uroneurologi di University College Hospital, London mengatakan bahwa gatal dapat menjadi bagian dari masalah kulit umum, seperti eksim atau bisa menjadi tanda kondisi lain, seperti lichen sclerosus.

"Semua butuh pengobatan, jadi jika gatalnya berlanjut selama lebih dari sebulan, periksakan ke dokter umum atau ginekolog. Mereka perlu melihat vulva, perineum [antara vagina dan anus] dan vagina secara langsung," tuturnya.

Cairan

Ilustrasi organ intim wanita.

Photo :
  • U-Report

NHS menyatakan bahwa keluarnya cairan dari vagina (lendir atau sekret) adalah hal yang normal, dan tekstur serta jumlah keputihan dapat bervariasi sepanjang siklus menstruasi Anda. Tetapi, waspada jika terjadi perubahan pada cairan yang keluar dari Miss V.

"Jika keputihan normal Anda menjadi berbeda, misalnya, berubah warna atau berbau, ini bisa menjadi tanda infeksi, jadi temui dokter Anda," jelasnya.

Benjolan

Ilustrasi organ intim.

Photo :
  • Pixabay/Unsplash

Vulva Anda memiliki sejumlah kelenjar, termasuk kelenjar minyak, sehingga dari waktu ke waktu Anda mungkin mengalami benjolan kecil yang mungkin terasa seperti pembentukan bintik. Benjolan di bawah juga bisa menjadi tanda infeksi menular seksual seperti kutil kelamin dan herpes genital.

Jika Anda mengalami kutil kelamin, kemungkinan benjolannya kecil dan berwarna seperti daging, bisa juga terlihat seperti kembang kol. Benjolan juga bisa disebabkan oleh penggunaan pisau cukur untuk menghilangkan rambut dan ini disebut sebagai ruam cukur.

Kista Bartholin juga bisa menjadi alasan Anda memiliki benjolan di bawah sana. Jika benjolan tersebut berada di dekat lubang vagina maka bisa jadi itu adalah kista.

Allison Hill, MD, seorang ob-gyn di Good Samaritan Hospital mengatakan, jika kistanya kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit, dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk menunggu, dan kemungkinan akan hilang dengan sendirinya.

"Tetapi jika kista menjadi besar dan/atau nyeri, Anda harus segera menemui dokter. Mereka dapat mengeringkan kista dan meresepkan antibiotik jika perlu," jelasnya.

Bau

Ilustrasi wanita/sedih.

Photo :
  • Freepik/freepik

Vagina setiap orang bisa berbau berbeda namun cukup khas, dan Anda hanya perlu benar-benar khawatir jika baunya sedikit tidak biasa. Dr Elneil menuturkan bahwa bau vagina dapat berubah pada waktu yang berbeda dari siklus reproduksi dan tidak harus selalu dianggap sebagai tanda infeksi atau penyakit.

Jika Anda merasa perlu menggunakan produk wewangian untuk menutupi bau vagina Anda, maka Anda harus menemui dokter umum. Jika Anda telah mendeteksi bau tembaga maka ini biasanya karena darah dan bisa berarti Anda akan memulai menstruasi.

"Namun, bau Miss V biasanya disebabkan oleh vaginosis bakteri," tuturnya.

Penting untuk diingat bahwa bakteri Anda di bawah sering berubah, jadi bau baru dalam banyak kasus, tidak perlu dikhawatirkan, jika terus-menerus meskipun Anda harus diperiksa.

Haid tidak teratur

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/freepik

Menstruasi yang tidak teratur tidak selalu merupakan tanda masalah dan terkadang Bibi Flo suka datang tanpa pemberitahuan. Ada banyak penyebab berbeda dari menstruasi yang tidak teratur dan salah satu yang utama adalah pubertas.

Ketika Anda pertama kali memulai menstruasi, itu mungkin tidak teratur untuk satu atau dua tahun pertama. Juga menstruasi Anda mungkin terganggu jika Anda akan memulai menopause dan ini biasanya terjadi antara usia 45 dan 55 tahun.

NHS menyatakan bahwa kehamilan dini juga dapat menjadi penyebab menstruasi yang tidak teratur seperti halnya beberapa bentuk kontrasepsi seperti pil kontrasepsi atau sistem intrauterin (IUS). Selain itu, penurunan atau penambahan berat badan yang ekstrem, olahraga berlebihan, atau kondisi medis stres seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah dengan tiroid Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya