Ini Gejala Omicron Paling Umum pada Pasien yang Sudah Divaksin

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Vaksin COVID-19 sudah terbukti tak hanya membantu mencegah infeksi parah, tetapi juga meminimalkan risiko rawat inap dan kematian. Namun, saat varian baru terus muncul, apakah vaksin COVID-19 terbukti efektif?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Temuan terbaru menunjukkan bahwa varian virus corona baru, Omicron, berpotensi lolos dari kekebalan yang diinduksi vaksin. Mengingat bahwa ia memiliki lebih dari 30 mutasi pada protein lonjakan, para ahli mengatakan bahwa itu dapat mengembangkan mekanisme pelarian kekebalan, yang membantu mereka menghindari perlindungan vaksin.

Sementara individu yang tidak divaksinasi tetap berisiko lebih besar tertular virus dan mengembangkan penyakit parah, menurut lembaga kesehatan, infeksi terobosan dapat terjadi dan menyebabkan berbagai penyakit.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Vaksin saat ini diharapkan dapat melindungi terhadap penyakit parah, rawat ina  dan kematian akibat infeksi varian Omicron. Namun, infeksi terobosan pada orang yang divaksinasi lengkap kemungkinan akan terjadi,” demikian menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dikutip dari laman Times of India, Minggu, 16 Januari 2022.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner
PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksin COVID-19 saat ini mungkin perlu dibuat ulang untuk memastikan mereka efektif melawan Omicron dan varian virus corona di masa depan. Hal ini karena varian Omicron bisa menghindari beberapa antibodi yang tercipta oleh dua dosis vaksin dan oleh karena itu vaksin yang ada mungkin perlu diperbarui.

Meskipun vaksin COVID-19 yang tersedia memberikan tingkat perlindungan tertentu terhadap virus SARs-COV-2, penelitian telah menunjukkan bahwa infeksi terobosan dapat terjadi pada individu yang divaksinasi sebagian dan sepenuhnya.

Infeksi terobosan terjadi ketika seseorang yang telah menerima salah satu dari kedua dosis vaksin COVID-19 tertular virus. Dia tetap asimtomatik (tanpa gejala) atau mengembangkan gejala ringan sampai sedang. Dalam beberapa kasus, seseorang juga dapat mengembangkan penyakit parah, yang menyebabkan rawat inap dan dalam keadaan yang sangat jarang, kematian.

Selama gelombang kedua di India, sejumlah besar orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi, terinfeksi COVID-19. Namun, data mengungkapkan bahwa persentase yang lebih tinggi dari pasien yang sakit parah terdiri dari orang yang tidak divaksinasi.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Ternyata varian baru ini relatif lebih ringan dari varian yang ada sebelumnya, terutama Delta. Dokter telah mencatat bahwa sebagian besar pasien yang terinfeksi mengembangkan gejala seperti pilek, dan menjadi lebih baik dengan sendirinya.

Karena itu, jika Anda adalah seseorang yang telah menerima vaksin COVID-19 inti, waspadalah terhadap tanda-tanda sakit tenggorokan, kata Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago Dr. Allison Arwady.

Sebelumnya dalam siaran langsung Facebook, dia berkata, "Terutama pada orang-orang yang kami lihat terkena infeksi terobosan yang lebih ringan ini, kami pasti melihat sakit tenggorokan sebagai prediktor dalam kelompok itu.”

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Dia juga mendorong orang dengan gejala seperti pilek atau flu untuk berasumsi bahwa mereka terinfeksi COVID-19 "sampai terbukti sebaliknya."

Studi ZOE COVID Inggris memiliki pendapat yang sama dan terus-menerus mendesak orang untuk tidak menganggap enteng gejala mereka. Selain sakit tenggorokan, beberapa gejala Omicron lainnya termasuk kelelahan, demam, nyeri tubuh, keringat malam, bersin, pilek, mual dan kehilangan nafsu makan.

Berbeda dengan Delta, Omicron cenderung tidak menyebabkan hilangnya indera penciuman dan rasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya