Gejala Kanker Lambung Paling Umum, Kapan Harus ke Dokter?

Ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • Pexels/sora shimazaki

VIVA – Kanker perut atau juga disebut sebagai kanker lambung, adalah nama yang diberikan untuk kanker yang berkembang di perut. Jenis kanker ini paling sering terjadi pada pria. Lebih dari setengah dari mereka yang didiagnosis dengan kondisi tersebut berusia di atas 75 tahun.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Gejala kanker lambung bisa sulit dikenali karena mencerminkan kondisi perut lain yang kurang serius. Namun, ini memperkuat pentingnya untuk tidak menghapus gejala sebagai "tidak ada yang serius" tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Meskipun gejala secara statistik jauh lebih mungkin menjadi masalah pencernaan daripada kanker perut, Anda harus mengunjungi profesional kesehatan untuk menyingkirkan kanker dan untuk mendapatkan pengobatan untuk gejala Anda.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Lalu, apa saja gejala kanker perut yang paling umum?

Ilustrasi penyakit kanker.

Photo :
  • U-Report
5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Menurut NHS, banyak gejala kanker perut dapat mempengaruhi pencernaan Anda. Dilansir dari laman Express, Minggu, 16 Januari 2022, gejala-gejala tersebut dapat mencakup:

Mulas atau refluks asam
Mengalami masalah menelan (disfagia)
Merasa atau sedang sakit
Gejala gangguan pencernaan, seperti banyak bersendawa
Merasa cepat kenyang saat makan

Gejala lain yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan seperti:

Kehilangan selera makan
Menurunkan berat badan tanpa berusaha
Benjolan di bagian atas perut Anda
Sakit di bagian atas perut
Merasa lelah atau tidak memiliki energi

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

Untuk beberapa orang dengan kondisi pencernaan atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD), mereka mungkin sering mengalami gejala seperti ini, tetapi jika Anda melihat gejala yang memburuk atau sesuatu yang tidak biasa untuk Anda, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri.

Sangat penting untuk waspada terhadap gejala-gejala ini jika Anda seorang pria berusia di atas 75 tahun, karena ini menempatkan Anda dalam kategori paling berisiko. Namun, siapa pun yang khawatir disarankan untuk menemui dokter.

Pemeriksaan

Ilustrasi dokter/tenaga kesehatan.

Photo :
  • Freepik

Jika Anda pergi ke dokter dengan kekhawatiran tentang perut Anda, dokter umum akan memeriksa perut dan mengecek apakah ada benjolan.

Dokter juga mengajukan pertanyaan tentang gejala Anda. Ini dapat membantu untuk membuat catatan tentang gejala Anda sebelumnya, melacak kapan mereka mulai muncul dan jika mereka semakin memburuk.

Dokter mungkin juga akan meminta sampel urine atau tinja Anda dan meminta Anda melakukan tes darah.

Jika dokter mencurigai Anda mungkin memiliki suatu kondisi yang menyebabkan gejala Anda, mereka mungkin merujuk Anda ke dokter spesialis.

“Ini mungkin rujukan mendesak, biasanya dalam 2 minggu, jika Anda memiliki gejala tertentu. Tapi ini tidak pasti berarti Anda menderita kanker,” kata NHS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya