3 Cara Memilih Skincare yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Ilustrasi wanita/skincare/perawatan kulit.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Menemukan produk perawatan kulit yang tepat dengan bahan yang tepat sangatlah penting. Meski membutuhkan waktu ekstra karena harus membaca kandungannya dan lain-lain, namun hasilnya akan sepadan.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Berikut beberapa cara memilih skincare yang tepat, yang akan dibantu oleh dokter spesialis, agar kulit wajahmu terhindar dari masalah.

1. Kenali jenis kulitmu

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Menurut ahli kulit kosmetik, Michele Green, MD, mengenali jenis kulit adalah faktor terpenting dalam menentukan skincare apa yang paling cocok untuk kita.

"Tidak ada produk yang buruk, tetapi terkadang orang dengan jenis kulit berbeda menggunakan produk yang salah untuk jenis kulit mereka," kata Dr. Green, dikutip Real Simple, Rabu 19 Januari 2022.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Untuk kulit berminyak, Green menyarankan, carilah produk yang mengandung alfa hidroksi (asam glikolat atau asam salisilat), benzoil peroksida dan asam hialuronat. Sementara kulit kering, carilah yang mengandung shea butter dan asam laktat. Sedangkan untuk kulit sensitif, Green menyarankan untuk mencari produk yang mengandung aloe vera, shea butter dan oatmeal.

2. Jangan membeli karena populer

Jika membeli skincare berdasarkan rekomendasi teman atau influencer, jangan lihat seberapa bagus kulit mereka sekarang. Tapi juga jenis kulit mereka. Terkadang, kemasan dan popularitas produk kerap menjebak.

3. Bahan yang harus ada dan dihindari

Beberapa bahan yang harus ada dalam skincare antara lain, gliserin, ceramide dan asm hialuronat, L-asam askorbat (vitamin C), tokoferol (vitamin E), retinol, dan niacinamide (vitamin B3). Sementara bahan-bahan yang harus dihindari, wewangian atau parfum, paraben, sulfat, dan formaldehida.

Di sisi lain, brand perawatan kulit Whitelab juga menggunakan bahan-bahan unggulan dalam pembuatannya. Hingga di tahun 2021 kemarin, merek tersebut berhasil mengantongi lima penghargaan di antaranya: 

Tokopedia Beauty Awards 2021

Dalam ajang ini Whitelab berhasil meraih Best Eye Care untuk Produk Whitelab Eye Cream dan Best Wash Face Mask untuk Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask.

Line Today Choice 2021 

Whitelab berhasil memenangkan kategori “Most Favorite Local Beauty Brand” berdasarkan hasil vote para pembaca Line Today.

Female Daily Best of Beauty Awards 2021

Whitelab berhasil menyabet dua penghargaan sebagai Best Acne Treatment untuk produk Acne Cream dan Best Wash Off/Peel Off Mask untuk Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask.

"Terimakasih kepada seluruh konsumen setia yang sudah mendukung dan mencintai produk-produk kami sampai saat ini. Dengan memenangkan 5 penghargaan di tahun 2021, tidak membuat kami lantas menjadi berpuas diri. Justru ini adalah tantangan untuk kami ke depannya agar dapat terus menciptakan inovasi produk yang lebih baik lagi yang dapat membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan kulitnya," tutur Jessica Lin selaku Co Founder Whitelab.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya