Perangi Diabetes, Minyak Ini Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Diabetes terkait dengan obesitas, diyakini sebagai salah satu pendorong pertumbuhan dari penyakit ini. Untungnya, makanan tertentu dapat bertindak sebagai pencegahan yang efektif terhadap diabetes.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Para peneliti percaya bahwa mengonsumsi makanan tertentu dalam diet seseorang dapat memberikan hasil yang menjanjikan. Salah satunya rice bran oil atau minyak dedak padi, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah hingga 30 persen dalam beberapa minggu.

Resistensi insulin merupakan kunci untuk mengelola gula darah karena dapat menurunkan kadar glukosa dengan mengangkutnya ke sel, di mana akan diubah menjadi energi. Orang yang tubuhnya mengalami resistensi insulin akan berhenti merespons hormon, yang merupakan ciri utama diabetes.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Untungnya, satu badan penelitian menunjukkan, produk minyak dedak padi dapat mendukung gula darah yang sehat dengan meningkatkan resistensi insulin. Dedak padi dianggap sebagai salah satu minyak paling sehat untuk jantung, tetapi juga dapat membantu memerangi alkoholisme dan obesitas dalam beberapa tahun terakhir.

diabetes

Photo :
  • U-Report
Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Para peneliti menemukan bahwa suplementasi dengan produk yang berasal dari dedak padi yang distabilkan membawa perubahan signifikan pada kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan 2. 

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry itu menemukan bahwa produk turunan minyak dedak padi dapat menurunkan kadar gula darah hingga 30 persen. 

Peneliti utama studi ini, Dokter Asaf Qureshi dan timnya menemukan bahwa mengonsumsi 20 gram RiSoluble atau RiceMucil (produk turunan dedak padi) per hari, selama 60 hari, menurunkan kadar gula darah sebesar 30 persen untuk diabetes tipe 1 dan 20 persen untuk diabetes tipe 2.

"Ini adalah temuan yang signifikan mengingat durasi penelitian yang singkat. Satu dari empat penderita diabetes dalam studi pada 57 subjek, menurunkan dosis obat harian mereka sebesar 30 menjadi 60 persen hanya dengan menambahkan turunan dedak padi, RiSolubles dan RiceMucil, ke dalam makanan sehari-hari mereka," kata dia, dikutip VIVA dari laman Express, Rabu 19 Januari 2022. 

Qureshi menambahkan, meski tidak semua subjek mampu mengurangi obat hiperglikemik mereka. Namun, semua subjek mampu mempertahankan kadar glukosa darah yang lebih rendah pada rejimen ini, dibandingkan dengan kelompok plasebo. 

"Kami tidak hanya menemukan penurunan kadar glukosa darah, tetapi kami juga menemukan efek signifikan dalam menurunkan kadar trigliserida apolipoprotein B pada pasien diabetes," paparnya. 

Dedak padi memiliki sejumlah khasiat yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Diekstraksi dari lapisan luar beras, yang dikenal sebagai dedak, minyak ini dipercaya dapat menurunkan hemoglobin glikosilasi dan meningkatkan kadar insulin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya