Awas, Jangan Konsumsi Parasetamol dengan Minuman Ini

Minum obat
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Parasetamol adalah obat bebas (OTC) yang banyak digunakan untuk mengobati rasa sakit dan mengurangi suhu tinggi. Sakit kepala, sakit gigi, keseleo atau pilek dan flu, obat yang satu ini bisa memberikan kelegaan instan dari semua masalah kesehatan tersebut. Penggunaan parasetamol bahkan meningkat selama pandemi untuk menurunkan demam.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Juga dikenal sebagai acetaminophen, obat ini lebih rendah dari ibuprofen dan hanya dapat bekerja untuk mengobati demam ringan dan nyeri sedang. Namun overdosis atau mencampur obat dengan minuman yang salah dapat menyebabkan efek samping yang parah dan bahkan dapat mengancam hidup Anda.

Setiap obat bekerja secara berbeda dan memiliki dampak yang berbeda pada kesehatan Anda. Itu sebabnya selalu tanyakan kepada dokter Anda bagaimana cara meminumnya saat Anda menyerahkan resepnya. 

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Beberapa obat harus diminum dengan perut kosong, sementara yang lain dengan susu karena dapat mengiritasi lapisan perut. Sejauh menyangkut parasetamol, hanya ada satu minuman yang harus dihindari yaitu alkohol, demikian dikutip dari Times of India.

Obat-obatan

Photo :
  • Times of India

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Mengapa alkohol harus dihindari?

Alkohol mengandung etanol. Mencampur parasetamol dengan etanol dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, pingsan, atau kehilangan koordinasi. Meminum parasetamol setelah semalaman minum banyak untuk menghilangkan mabuk dapat membuat Anda dalam bahaya besar. 

Kombinasi keduanya dapat meningkatkan risiko toksisitas hati, yang bisa berakibat fatal. Selain itu, alkohol juga diketahui dapat mengurangi efektivitas obat.

Tidak hanya parasetamol, menggabungkan alkohol dengan obat lain bukanlah ide yang bagus. Setiap kali Anda minum obat dari ahli kimia, tanyakan apa yang boleh dilakukan dengannya dan apa yang harus dihindari.

Batas aman

Meskipun parasetamol adalah obat ringan, namun Anda harus mengonsumsinya sebagai batasan. Untuk orang dewasa, 1 gram parasetamol per dosis dan 4 gram (4000 mg) per hari aman untuk dikonsumsi. Melampaui batas ini dapat menyebabkan toksisitas hati. 

Jika Anda minum tiga gelas alkohol setiap hari, jangan mengonsumsi parasetamol lebih dari 2 gram setelah berkonsultasi dengan dokter. Untuk anak di atas 2 tahun, gunakan parasetamol bentuk pediatrik setelah berkonsultasi dengan dokter.

Jika menggunakan parasetamol cair, ukur jumlahnya. Overdosis obat cair adalah salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang. Tablet kunyah harus dikunyah dengan benar sebelum ditelan. Sekalipun Anda mengonsumsi parasetamol dalam jumlah terbatas, jangan meminumnya secara teratur untuk kondisi apa pun.

Minum obat.

Photo :
  • Times of India

Efek samping penggunaan berlebihan

Banyak orang alergi terhadap parasetamol, jadi sebelum minum obat, pastikan tidak demikian halnya dengan Anda. Jika Anda memiliki riwayat alkoholisme atau masalah hati konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat OTC ini.

Setelah minum obat, jika mengalami tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, cari bantuan medis darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya