Ilmuwan Jepang Temukan Masker Bersinar Pendeteksi COVID-19

Memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Para ilmuwan dari Universitas Kyoto telah mengembangkan masker wajah yang dibuat dengan antibodi burung unta. Masker tersebut nantinya yang akan bersinar di bawah sinar ultraviolet mendeteksi virus Corona pada pemakainya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tim peneliti membuat masker untuk membantu orang dengan cepat mendeteksi dan mencegah penyebaran COVID-19 dengan biaya rendah. Filter yang dapat dilepas yang ditempatkan di masker yang bersinar saat terkena virus Corona setelah disemprot dengan cairan kimia dan terkena sinar ultraviolet.

Efisiensi deteksi filter dikonfirmasi dalam uji klinis di mana subjek uji mengenakan masker selama delapan jam. Apa saja fakta-faktanya? Berikut dikutip dari laman Dezeen.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Antibodi burung Unta jadi kunci

Yasuhiro Tsukamoto, pemimpin kelompok penelitian Universitas Kyoto, mengatakan kepada Dezeen bahwa dia mendapatkan ide tersebut setelah menyadari bahwa burung unta sangat tahan terhadap penyakit berkat sistem kekebalan mereka yang kuat.Ini mendorongnya untuk mulai meneliti antibodi burung unta.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Burung unta jarang mati karena kotoran, luka ringan, atau penyakit, dan hidup selama enam puluh tahun," kata Tsukamoto.

Protein virus disuntikan pada burung Unta

Untuk membuat antibodi virus Corona di burung unta, para ilmuwan menyuntikkan protein lonjakan virus ke burung itu. Mereka kemudian mengekstrak antibodi burung unta dari kuning telur burung dan mengikatnya ke filter di masker menggunakan asam polilaktat.

"Saya menyadari bahwa rahasia umur panjang adalah tahan terhadap penyakit menular dengan kekebalan dan ketahanannya yang luar biasa, jadi saya mulai meneliti antibodi burung unta dengan sungguh-sungguh," tuturnya.

Harga terjangkau

Antibodi dalam penelitian ilmiah paling sering diproduksi dari hewan yang lebih kecil, seperti kelinci atau tikus, tetapi ini bisa menghabiskan biaya jutaan dolar per gram. Sebaliknya, antibodi yang diambil dari telur burung unta berharga kurang dari US$1.000 per gram (£736.74,) dan dapat dikumpulkan dalam waktu singkat sekitar dua minggu.

"Jika infeksi virus dapat dideteksi dengan memasang filter mulut yang membawa antibodi burung unta dalam 'masker sekali pakai' yang digunakan setiap hari di dunia, orang yang terinfeksi non-gejala seperti penyebar super dapat secara sukarela diobati pada tahap awal," katanya.

Tsukamoto berpendapat bahwa ini membuat masker menjadi pilihan produksi yang lebih layak, yang dapat membantu lebih banyak orang mendeteksi dan mencegah virus corona.

“Ini adalah perangkat praktis dan murah yang mencegah invasi virus COVID-19 ke dalam tubuh manusia,” ujarnya.

Terlihat hanya di bawah sinar ultraviolet

Saat ini, virus Corona hanya dapat dilihat pada masker jika diolesi dengan cairan dan diletakkan di bawah sinar ultraviolet. Namun, para ilmuwan berencana untuk mengembangkan topeng yang bersinar di bawah cahaya dari telepon.

Mereka telah mengajukan permohonan paten untuk masker wajah dan berencana untuk membuatnya tersedia di akhir tahun. Ia juga berharap teknik yang sama bisa diterapkan pada virus lain, seperti influenza

Sejak awal pandemi, para desainer telah menggunakan sains dan teknologi dalam perlombaan untuk membendung penyebaran virus. Perusahaan teknologi NS Nanotech mengembangkan rangkaian chip pemancar ultraviolet yang dapat menetralkan virus Corona di udara di gedung, kendaraan, dan bahkan di luar ruangan.

Perusahaan manufaktur maju OPT Industries membuat swab medis yang bertujuan untuk meningkatkan pengujian klinis selama pandemi virus corona. Penyeka mampu menyerap tingkat cairan yang lebih tinggi daripada penyeka biasa, yang memberikan konsentrasi sampel yang lebih tinggi yang diperlukan untuk diagnostik yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya