Coba Yuk, Resep Bawang Putih untuk Redakan Hipertensi

Hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu permasalahan yang kerap menimpa masyarakat tanpa disadari. Padahal, hipertensi bisa dicegah sejak dini melalui pola makan baik, termasuk dengan konsumsi bawang putih.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dijelaskan pakar herbal Muthoharrah,M.Si, bawang putih mengandung zat aktif bernama alisin. Senyawa itu yang berfungsi melebarkan pembuluh darah di seluruh tubuh sehingga bermanfaat dalam menstabilkan tekanan darah.

"Zat alisin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah maka tensi dapat diturunkan. Untuk tensi yang tidak terlalu tinggi, masih bisa dengan bawang putih ini," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Rabu 19 Januari 2022.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Sejalan dengan menjaga pembuluh darah, dokter Mute juga menyampaikan bahwa bawang putih ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan begitu, secara tidak langsung bawang putih mampu menjaga kesehatan jantung.

"Dapat menurunkan kadar koelsterol jahat di darah, otomatis menyehatkan fungsi jantung.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih tersebut, dokter Mute menegaskan bahwa pengolahannya harus ditumbuk terlebih dahulu. Sebabnya, bawang putih yang dimakan bulat-bulat tanpa dilumatkan justru tak mengeluarkan zat aktifnya.

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

"Enzim alinase mengubah aliin jadi alisin untuk manfaat tadi. Jadi kalau dipanaskan atau ditelan bulat-bulat, malah merusak enzim tersebut. Makanya harus ditumbuk," tuturnya.

Untuk mengolahnya, sediakan tiga siung bawang putih yang ditumbuk. Setelahnya, tambah dengan air biasa sebanyak 2 sendok makan, lalu saring.

"Jangan pakai air panas, takut merusak zat aktifnya. Boleh tambah madu. Konsumsi 1 hari sekali. Setelah makan karena ada efek samping pada lambung," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya