5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi sedang makanan.
Sumber :
  • Pexels/Rachel Claire

VIVA – Makanan yang Anda makan memainkan peran kunci dalam menentukan kesehatan dan kekebalan Anda secara keseluruhan

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Zareen Siddique seorang pelatih diet, merekomendasikan makan makanan yang kaya Beta karoten, asam askorbat dan vitamin esensial lainnya dan antioksidan untuk membangun ketahanan dalam tubuh terhadap infeksi. 

Kekebalan muncul dari usus Anda. Bakteri usus bertanggung jawab untuk produksi sel T yang melawan infeksi di tubuh kita. Oleh karena itu, makanan yang meningkatkan fungsi usus Anda adalah kunci untuk kekebalan secara keseluruhan.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

1. Probiotik seperti yogurt dan makanan fermentasi seperti kimchi yang dibuat dari kubis dan sayuran yang difermentasi meremajakan bakteri usus, yang penting untuk penyerapan nutrisi oleh tubuh.

2. Kunyit, Bawang Putih dan Jahe-Kunyit, mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang bila dikonsumsi dengan lada hitam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Bawang putih dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus yang kuat yang meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi bakteri usus.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Kunyit.

Photo :

3. Delima mengandung ellagitannin yang membantu usus Anda menumbuhkan bakteri sehat. Bakteri ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan vit C, vit K dan potasium yang tinggi menambah khasiatnya untuk meningkatkan kekebalan.

4. Spirulina adalah ganggang hijau biru yang tersedia dalam bentuk bubuk atau pil. Kaya akan asam amino, antioksidan dan vitamin. Spirulina mengandung protein bioaktif dengan kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan usus.

5. Kelor, kaya akan protein, kalsium, potasium, zat besi, kromium, magnesium, selenium, seng dan mengandung antioksidan tingkat tinggi. Moringa adalah sumber vitamin B1, B2 dan B3 yang baik. 

Daunnya mengandung semua asam amino esensial, seng, vitamin C dan antioksidan lain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum teh yang terbuat dari bunga dan daun kelor yang direbus sangat bagus. 

Telur rebus

Photo :
  • Times of India

Makanan super harian lainnya yang termasuk Zinc adalah mineral penting yang terlibat dalam produksi sel-sel kekebalan. Bahkan kadar seng yang sedikit rendah dapat menurunkan kekebalan. Makanan kaya seng adalah kacang panggang, kacang mete, kismis, buncis, blueberry, dada ayam, keju, daging gelap, telur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya