Konsumsi Makanan Sehat dan Pakai Skincare Rutin Bikin Awet Muda

awet muda
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wanita mana yang tidak ingin wajahnya selalu awet muda. Tak hanya kaum hawa, kaum adam pun demikian.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Namun, penuaan dini tak dapat dicegah hanya saja bisa diperlambat. Penyebab utama pada penuaan kulit adalah paparan sinar matahari. Proses penuaan pada kulit wajah tergantung pada seberapa banyak jumlah paparan sinar matahari ke kulit.

Sinar UV inilah yang dapat merusak salah satu jaringan kulit yang bernama elastin. Saat jaringan elastin rusak, kulit akan lebih mudah untuk mengendur dan meregang.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Proses penuaan setiap manusia memang berbeda-beda.Bintik hitam biasanya muncul di area wajah, punggung tangan, atau lengan bagian bawah. Seseorang dianggap mengalami penuaan dini jika proses tersebut terjadi sebelum usia 35 tahun.

Makanan juga dapat mempercepat penuaan dini. Hal ini disampaikan oleh dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK dalam program acara Tanya Dokter di kanal YouTube VDVC Health berjudul Makanan yang Bikin Awet Muda, Cegah Penuaan Dini.

Bukan Cuma Mengencangkan Otot, Pilates Ternyata Bikin Awet Muda, Kok Bisa?

"Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung radikal bebas contohnya makanan yang dibakar. Makanan itu dapat mempercepat proses penuaan," kata dr. Atika Kusuma.

Dia menyarankan sebaiknya makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang dikukus atau digoreng dengan minyak yang baik. Dengan demikian, kesehatan kulit dapat terjaga.

Proses penuaan pada kulit dipengaruhi oleh dua hal yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah berasal dari tubuh kita.

"Misalnya faktor dari bertambahnya usia, maka penuaan pun akan terjadi. Keturunan atau genetik juga turut mempengaruhi," ujar dia.

Faktor ekstrinsik berasal dari luar tubuh misalnya paparan sinar matahari, polusi udara dan rokok. Beberapa hal tersebut dapat meningkatkan proses penuaan pada kulit.

"Proses penuaan dapat dilihat ketika kulit menjadi kendur, muncul keriput halus maupun keriput yang sudah terlihat jelas, flek di pipi atau area wajah lainnya," tutur dr. Atika Kusuma menjelaskan.

Pada usia 20 tahun ada yang sudah terlihat penuaannya, disebut aging prematur. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik pada orang tuanya.

"Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Kita disarankan mengonsumsi makanan yang anti oksidannya cukup tinggi," ujarnya.

makanan sehat

Photo :
  • Times of India

Anti oksidan itu bahan untuk proses penuaannya berjalan tidak lebih cepat. Antioksiden terdapat vitamin C, A, dan vitamin E.

Biasanya banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, rasberry, strawberry, blueberry. Buah-buahan tersebut mengandung anti oksidan yang tinggi.

"Jika tidak bisa menyediakan buah-buahan tersebut, maka dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin tersebut," ujarnya. 

Penggunaan skincare juga bisa direkomendasikan untuk anti aging. Penggunaan skincare dapat dipakai pada pagi, siang dan sore hari. Usahakan memakai secara rutin dengan dosis yang tepat.

"Jangan lupa sunscreen dan jangan lupa mengulang sunscreen. Pada malam hari sangat disarankan pakai krim anti aging karena usia terus bertambah dan proses penuaan akan terus terjadi," ujar dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK menjelaskan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya