5 Fakta Psikologi ini Terjadi Jika Kita Memikirkan Seseorang

Ilustrasi perempuan sedih.
Sumber :
  • Unsplash/Anh Nguyen

VIVA – Apa saat ini ada seseorang yang sedang terus-terusan kamu pikirkan? Mengapa kira-kira seseorang tersebut tak bisa keluar dari pikiranmu? Setiap orang pasti memiliki hubungan baik itu dengan Tuhan, keluarga, teman dan bahkan pasangan. Namun yang akan kita bahas saat ini adalah hubungan dengan pasangan. 

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Meskipun suatu hubungan tersebut diselesaikan secara baik-baik, fakta memikirkan seseorang pada kenyataannya melepaskan dan melupakan memang menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan, terutama jika tidak bisa berhenti memikirkannya. Hal yang sama juga berlaku pada hubungan pertemanan dan persahabatan. 

Alasan Mengapa Sulit untuk Berhenti Memikirkan Seseorang

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Ilustrasi pria berpikir.

Photo :
  • U-Report

Ketika ada seseorang yang terjebak dalam pikiranmu, biasanya kamu akan merenungkannya dengan pemikiran yang obsesif, konstan, dan berulang. Bisa dibilang fakta memikirkan seseorang seperti pikiran yang terus berjalan tanpa henti seperti roda yang berputar. 

5 Fakta Menarik Drama Wonderful World yang Diperankan Cha Eun Woo

Mengutip dari The Health, menurut Jane Greer, seorang terapis pernikahan dan keluarga di New York City, untuk berhenti memikirkan orang-orang yang berada dalam hidup kita dan arti mereka dalam hidup kita memang terbilang sulit. 

Ada banyak sekali alasan seseorang  terus memikirkan orang lain, bahkan saat mereka tidak menginginkannya. Bahkan bukan hanya orang-orang yang sebelumnya sudah dikenal saja, tapi juga orang-orang yang mungkin baru kamu kenal. 

Jadi mengapa pikiranmu bisa terpaku untuk memikirkan seseorang? Berikut ini 5 fakta memikirkan seseorang secara terus-menerus dalam pikiran. 

1. Perasaan yang Bercampur Aduk

Ilustrasi berpikir negatif atau overthinking.

Photo :
  • http://www.direktori-wisata.com/

Salah satu alasan kamu sulit untuk berhenti memikirkan seseorang, terutama pasangan adalah karena hal itu membuat perasaanmu menjadi tercampur aduk. Mungkin kamu tidak bisa berhenti memikirkannya karena teringat masa-masa bahagia saat bersamanya. Dan kamu merasa kehilangan saat seseorang yang kamu pikirkan tersebut tidak ada lagi di dalam hidupmu. Saat kamu memikirkan mereka itu adalah cara kamu untuk mengingat kembali masa-masa saat kamu bersamanya. 

2. Penolakan

Ilustrasi sedih.

Photo :
  • Pixabay/Masimba Tinashe Madondo

Perlu dicatat bahwa sulit untuk mengeluarkan seseorang dari pikiranmu jika suatu hubungan berakhir dengan penolakan. Masih ada rasa sakit yang tersisa pada dirimu karena merasa kehilangan dan masih merindukannya bahkan ingin memilikinya kembali dalam hidupmu. Saat itulah pikiranmu dipenuhi dengan seseorang yang terjebak di pikiranmu. Jadi, kamu harus memahami sebuah kehilangan dan bagaimana perasaanmu tentang dirimu sendiri untuk melupakannya.

3. Masalah yang Belum Terselesaikan

Ilustrasi kesedihan Khaira.

Photo :
  • U-Report

Alasan lain kamu tidak bisa berhenti memikirkan seseorang adalah mungkin kamu memiliki masalah yang belum terselesaikan. Sehingga kamu tidak ingin membawanya ke dalam hubunganmu berikutnya. Mungkin diperlukan waktu untuk memulihkan dan menangani permasalahanmu yang sebelumnya sebelum melanjutkan hubungan dengan orang lain. 

4. Mengingat dirimu di masa lalu

Ilustrasi kesedihan saat ditinggal mantan.

Photo :
  • U-Report

Hal yang terus mengisi pikiranmu mungkin juga tidak ada hubungannya dengan mantan pasanganmu melainkan dari dirimu sendiri. Mungkin kamu lebih menyukai saat-saat kamu bersama dengannya. Kuncinya kamu harus bisa menjadi seperti itu lagi baik itu sendiri ataupun dengan seseorang yang baru. 

5. Merasa Kesepian

Ilustrasi kesepian.

Photo :
  • Pixabay

Alasan lainnya mengapa kamu terus memikirkan seseorang adalah karena kamu merasa kesepian. Jika biasanya ada orang yang mengisi hari-harimu sepanjang waktu kini sudah tidak ada lagi. Sehingga kamu tidak bisa berhenti untuk memikirkannya. Sebaiknya daripada kamu harus memikirkan orang lain, lebih baik kamu menghabiskan waktu dengan teman dekat atau keluarga agar tidak lagi merasa kesepian lagi.

Politisi Golkar, Idrus Marham

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Terutama karena ia bisa membuat omon-omon dengan gampangnya merekayasa seribu fakta.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024