Minum Teh Bunga Ini Ampuh Redakan Hipertensi, Mau Coba?

Ilustrasi minum teh.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Apakah tingkat tekanan darah Anda buruk akhir-akhir ini? Para peneliti di American Heart Association telah menemukan bahwa teh hibiscus alias kembang sepatu dapat membantu mengelola hipertensi dan mengurangi risiko penyakit terkait.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah salah satu gangguan yang paling sering terjadi di seluruh dunia. Sekitar satu miliar orang di dunia menderita kondisi yang sama, dan jumlahnya terus bertambah.

Untuk yang belum tahu, tekanan darah tinggi terjadi ketika darah didorong melalui arteri pada tekanan tinggi, menyebabkan kerusakan besar pada jantung, ginjal, dan pembuluh darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Penyakit jantung, penyakit ginjal, dan stroke semuanya terkait dengan masalah kesehatan ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena prahipertensi dan hipertensi dapat dikendalikan dengan pola makan yang sehat.

Salah satu tambahan untuk diet Anda yang dapat membantu Anda menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali adalah teh kembang sepatu.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Teh Hibiscus Untuk Tekanan Darah Tinggi

Dikutip dari laman The Health Site, Sesuai laporan ilmuwan nutrisi Diane Mckay di American Heart Association, menyeruput teh kembang sepatu hangat yang lezat dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda, yang selanjutnya mengurangi risiko beberapa penyakit lain.

Dalam sampel orang pra-hipertensi dan sedikit hipertensi, minum teh kembang sepatu mengurangi tekanan darah. Untuk penelitian ini, McKay mengevaluasi 65 peserta berusia antara 30 dan 70 tahun yang memiliki tekanan darah sistolik 120 hingga 150 mm/Hg dan tekanan darah diastolik 95 mm/Hg atau kurang pada awal penelitian.

Penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal semuanya terkait dengan pembacaan tekanan darah 120 di atas 80 atau lebih tinggi.

Sekitar setengah dari kelompok dipilih secara acak untuk minum tiga cangkir teh kembang sepatu setiap hari selama enam minggu. Yang lain diberi minuman plasebo dengan perasa dan pewarna kembang sepatu palsu.

Semua peserta diminta untuk tetap pada diet normal dan rutinitas olahraga mereka. Tekanan darah dari semua individu diukur dua kali sebelum penelitian, dan pada interval mingguan. 

"Relawan yang minum teh kembang sepatu mengalami penurunan tekanan darah sistolik 7,2 poin, dibandingkan dengan penurunan 1,3 poin pada mereka yang minum minuman plasebo," menurut penelitian.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah Sistolik

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research, dampak antihipertensi teh kembang sepatu pada hipertensi stadium satu. Untuk kontrol tekanan darah, baik kelompok kontrol maupun kelompok kasus mendapatkan konseling gaya hidup dan gizi yang sama.

Selama satu bulan, kelompok kasus diberi dua cangkir teh kembang sepatu normal setiap pagi. Tekanan darah diukur pada awal dan akhir percobaan.

Kedua kelompok memiliki penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan, namun kelompok teh kembang sepatu memiliki penurunan rata-rata yang lebih besar secara signifikan pada tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dua angka digunakan untuk menghitung tekanan darah: Angka pertama, tekanan darah sistolik, menunjukkan seberapa besar tekanan di arteri Anda saat detak jantung Anda. Angka kedua, tekanan darah diastolik, mengukur tekanan di arteri Anda di antara detak jantung.

Bagaimana Cara Membuat Teh Hibiscus?

Ilustrasi minum teh.

Photo :
  • U-Report

Campur beberapa bunga kembang sepatu kering dalam air dan didihkan dalam panci. Jangan tambahkan gula dan matikan api setelah air mendidih. Biarkan kembang sepatu terendam selama 15-20 menit.

Campurkan madu dan air jeruk nipis dalam teh sampai tercampur rata. Buang bunga dan saring tehnya. Teh kembang sepatu dapat disajikan panas atau dingin setelah beberapa jam di lemari es.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya