PTM Diterapkan, Vaksinasi untuk Anak-anak Terus Dilakukan

Ilustrasi Vaksinasi Anak
Ilustrasi Vaksinasi Anak
Sumber :
  • ist

VIVA – Proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai aktif dilakukan. Hal itu buat berbagai pihak terus menggejot upaya vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. Seperti diketahui vaksinasi bertujuan untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Salah satu daerah yang melakukan itu di Rembang, Jawa Tengah. Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro, menuturkan kolaborasi lintas instansi dan elemen masyarakat membuat capaian vaksinasi di Rembang berada di atas anjuran pemerintah pusat. Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Rembang mencapai lebih dari 80 persen. 

Sementara, warga yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua berada di angka 49 persen. Raihan tersebut membuat Pemkab Rembang optimistis memasang target tinggi dalam program vaksinasi anak yakni 57 ribu siswa yang berasal dari 422 sekolah dan tersebar di 14 kecamatan.

"Untuk itu, kami memberi apresiasi terhadap berbagai instansi yang bersedia terlibat, diantaranya jajaran Dinas Kesehatan dan Puskemas, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama Rembang, Polres Rembang, Kodim Rembang juga unsur swasta seperti Susu MilkLife dan Djarum Foundation serta berbagai elemen masyarakat," kata Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro.

Ilustrasi siswa vaksin COVID

Ilustrasi siswa vaksin COVID

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

Ia melanjutkan, Pemkab Rembang menargetkan 100 persen anak menerima vaksin dosis pertama pada awal Februari 2022 sehingga para orangtua merasa anaknya lebih terlindungi ketika mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, hingga Kamis (20/1), jumlah anak yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama mencapai 36.500 anak atau 58 persen dari target yang diharapkan.

"Melihat banyaknya pihak yang turun tangan membantu program ini, saya optimistis vaksinasi anak akan rampung pada awal Februari untuk dosis pertama dan di bulan Maret mereka sudah memperoleh vaksin dosis lengkap," kata Mochamad Hanies.