Studi: Omicron Dapat Melindungi dari Penularan Varian Delta

Virus Omicron
Virus Omicron
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sebuah penelitian baru pada pasien yang terinfeksi Omicron menunjukkan bahwa gelombang COVID-19 saat ini, didorong oleh jenis baru, tampaknya menyebabkan penyakit yang lebih ringan dan bahkan memberikan perlindungan terhadap varian Delta yang lebih mematikan.

Peneliti yang berbasis di Afrika Selatan menemukan bahwa mereka yang sebelumnya mendapatkan varian Delta dapat tertular Omicron, sementara mereka yang mendapatkan strain Omicron tidak dapat terinfeksi Delta, terutama jika mereka telah divaksinasi.

"Mudah-mudahan, semua ini berarti Delta sedang dalam perjalanan keluar karena Omicron dapat menutup pintu pada infeksi ulang Delta, asalkan cukup banyak orang yang divaksinasi. Yang tidak divaksinasi kehilangan perlindungan ekstra Omicron dan tidak mendapatkan dorongan untuk Delta," kata Alex Sigal dari Lembaga Penelitian Kesehatan Afrika dikutip dari Times of India.

Ia menambahkan, "Kami memiliki pembaruan untuk penelitian kami yang menemukan peningkatan kekebalan Delta dengan infeksi #Omicron," tulisnya dalam tweet.

Namun untuk ditinjau sejawat, studi terbaru menggunakan sampel dari 23 orang yang terinfeksi strain Omicron pada bulan November dan Desember di Afrika Selatan.

Virus corona

Virus corona

Photo :
  • Times of India

Para peneliti, yang dipimpin oleh Sigal, menyelidiki apakah menetralkan kekebalan yang ditimbulkan oleh infeksi Omicron juga akan menetralkan varian Delta dan peran vaksinasi sebelumnya.