Vitamin dan Mineral yang Harus Dikonsumsi Wanita

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Kunci untuk meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan adalah dengan makan makanan yang kaya nutrisi dan mineral. Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran kita.

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

Karena itu, tubuh wanita mengalami banyak perubahan, fisik, mental dan hormonal, yang membuat mereka tunduk pada kebutuhan nutrisi tertentu. Misalnya, kebutuhan gadis remaja untuk nutrisi dan mineral mungkin berbeda dari wanita menyusui atau wanita menopause. 

Beberapa mungkin memerlukan suplemen, sementara yang lain mungkin sudah memiliki jumlah nutrisi yang cukup di dalam tubuh mereka.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Namun, adalah penting bahwa Anda mendapatkan dosis harian vitamin dan mineral di semua biaya. Berikut adalah daftar vitamin dan mineral terpenting yang harus dikonsumsi wanita setiap hari dikutip dari Times of India.

Vitamin D

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Vitamin D

Photo :
  • Times of India

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang membantu meningkatkan kekebalan, meningkatkan kesehatan tulang dan menjaga perkembangan sel otot kita. Dikatakan semacam hormon yang dihasilkan dari kulit saat terkena sinar matahari. 

Selain sinar matahari, makanan kaya vitamin D bisa menjadi sumber nutrisi penting ini. Dalam kasus tertentu, suplemen dapat dikonsumsi, jika diresepkan oleh dokter dan profesional medis. Suplementasi yang berlebihan terkadang dapat menyebabkan keracunan vitamin D, yang dapat menimbulkan komplikasi kesehatan lainnya.

Vitamin C

Tidak seperti Vitamin D, Vitamin C adalah vitamin larut air yang mengandung antioksidan yang membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, infeksi, dan penyakit kronis. 

Pada saat tingkat infeksi tinggi dan COVID-19 terus berdampak pada kesehatan kita, penting untuk memiliki makanan yang membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah penyakit dan itulah spesialisasi nutrisi seperti vitamin C. Sumber makanan terbaik dari zat penting ini nutrisi adalah buah jeruk, stroberi, brokoli, paprika merah dan hijau, buah kiwi dan banyak lagi.

Folat

Folat juga merupakan vitamin B yang larut dalam air, yang dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau dan buah-buahan tertentu. Vitamin khusus ini memainkan peran penting dalam membuat sel darah merah dan DNA yang sehat. Ini juga membantu dalam pertumbuhan sel dan jaringan, seperti kulit dan rambut. 

Asam Folat

Photo :
  • U-Report

Bagi wanita, yang sedang hamil, folat adalah nutrisi penting, penting untuk mencegah beberapa jenis cacat lahir dan kelainan. Konon, kebanyakan ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi folat. Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Zat Besi

Zat besi memegang kunci untuk banyak fungsi tubuh. Selain digunakan untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, juga membantu memproduksi mioglobin, protein yang menyediakan oksigen ke otot. 

Konon, kekurangan mineral khusus ini dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan yang ekstrem. Dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan sesak napas, lidah atau mulut yang meradang dan bengkak dan juga dapat menyebabkan kondisi seperti anemia.

Kalsium

Kalsium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Selain itu, ini membantu mengelola pembuluh darah, saraf, hormon, dan lainnya. Oleh karena itu kekurangan kalsium dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kelemahan otot, kram dan nyeri sendi. 

Ilustrasi sumber kalsium.

Photo :
  • U-Report

Dalam kasus yang parah dan jika tidak diobati untuk waktu yang lama, itu juga dapat menyebabkan penurunan kepadatan mineral tulang yang disebut osteopenia, yang dapat menjadi kronis.

Magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral makro penting yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya mempromosikan jantung yang sehat, itu juga membantu mengelola stres, mengatur siklus tidur yang tepat dan juga meningkatkan kekebalan. 

Mereka yang kekurangan mineral ini mungkin sering menderita sakit kepala dan mual, nyeri otot dan kram dan mungkin kehilangan nafsu makan, sementara juga merasa lemah dan lelah. Institute of Medicine of the National Academy of Sciences merekomendasikan agar wanita berusia 31 tahun ke atas menerima asupan makanan sekitar 320 mg magnesium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya