5 Cara Simpel Hindari Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Secara global, kematian akibat penyakit jantung menyumbang 32 persen dari total kematian dan lebih dari tiga perempat kematian ini terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. 

Sesuai data dan laporan global, sebagian besar penyakit terkait jantung dapat dicegah dengan mengatasi faktor risiko dengan perilaku hidup sehat seperti menghindari rokok, diet sehat hingga cegah obesitas yang menimbulkan banyak masalah kesehatan. 

Meski banyak orang menyadari betapa bahayanya penyakit jantung, tapi tetap saja masih banyak orang mengabaikan akar penyebabnya dan terus melakukan hal hal yang berpotensi memicu penyakit jantung. Saat penyakit telah berkembang ke tahap yang serius, biasanya kesadaran mulai timbul, mengambil tindakan pencegahan yang saat itu sudah dinilai terlambat.

"Kita bukan makhluk yang abadi, kita juga tidak kebal terhadap segala sesuatu di sekitar kita. Istilah pencegahan adalah penyembuhan sangat tepat untuk penyakit jantung," kata Dr Rajpal Singh, Direktur Kardiologi Intervensi, Rumah Sakit Fortis La Femme, Bangalore dikutip laman Times of India.

Semoga Anda bukan lah orang-orang yang mengabaikan sejumlah faktor risiko penyakit jantung. Agar terhindar dari penyakit ini, berikut di kutip dari laman Times of India, beberapa cara sederhana dan simpel untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. 

Untuk menghindari risiko yang berhubungan dengan penyakit jantung, Dr Singh menyarankan untuk melakukan diet sehat, melakukan olahraga teratur, tidur nyenyak, berhenti merokok, dan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Berikut tips-tips dari Dr Singh untuk mencegah penyakit jantung.

Makan Sehat Secukupnya