COVID-19 Dapat Memicu Diabetes, Ini Penjelasan Ahli

Virus corona
Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Para ilmuwan memusatkan perhatian pada mengapa COVID-19 meningkatkan risiko orang terkena diabetes.  Science News melaporkan, beberapa penelitian telah mengisyaratkan bahwa infeksi COVID-19 dapat memicu diabetes pada beberapa orang, tetapi persisnya mengapa tetap menjadi misteri

Kasus diabetes baru yang terkait dengan COVID-19 termasuk diabetes tipe 1, di mana tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin, dan diabetes tipe 2, di mana tubuh masih memproduksi beberapa insulin, meskipun seringkali tidak cukup, dan sel tidak merespons hormon dengan baik. 

Insulin menurunkan jumlah glukosa, atau gula, dalam darah dengan memberi tahu sel untuk menyerap gula itu dan menggunakannya sebagai bahan bakar.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dapat menyusup ke sel-sel penghasil insulin di pankreas. Itu berarti virus mengirim kadar gula darah beberapa orang meroket dengan merusak sel-sel ini dan mengurangi berapa banyak insulin yang mereka keluarkan. 

Tetapi penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa, pada banyak pasien COVID-19 dengan gula darah sangat tinggi, sel-sel pankreas ini masih bekerja dengan baik - jadi harus ada penjelasan lain, demikian dilansir dari Live Science

Penelitian baru-baru ini, yang dipimpin oleh Dr. James Lo, seorang dokter-ilmuwan dan profesor kedokteran di Weill Cornell Medicine di New York City, menunjukkan bahwa lonjakan gula darah mungkin terkait dengan rendahnya tingkat hormon yang disebut adiponektin. 

Adiponektin membuat sel peka terhadap insulin, pada dasarnya bekerja secara sinergis dengan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Hormon diproduksi terutama oleh sel-sel lemak, tetapi pada pasien dengan COVID-19 parah dan gula darah tinggi, sel-sel lemak tampaknya tidak berfungsi dan menghasilkan adiponektin jauh lebih sedikit daripada biasanya, menurut temuan Lo dan rekan-rekannya.