COVID-19 Dapat Memicu Diabetes, Ini Penjelasan Ahli

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Para ilmuwan memusatkan perhatian pada mengapa COVID-19 meningkatkan risiko orang terkena diabetes.  Science News melaporkan, beberapa penelitian telah mengisyaratkan bahwa infeksi COVID-19 dapat memicu diabetes pada beberapa orang, tetapi persisnya mengapa tetap menjadi misteri

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Kasus diabetes baru yang terkait dengan COVID-19 termasuk diabetes tipe 1, di mana tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin, dan diabetes tipe 2, di mana tubuh masih memproduksi beberapa insulin, meskipun seringkali tidak cukup, dan sel tidak merespons hormon dengan baik. 

Insulin menurunkan jumlah glukosa, atau gula, dalam darah dengan memberi tahu sel untuk menyerap gula itu dan menggunakannya sebagai bahan bakar.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Beberapa bukti menunjukkan bahwa SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dapat menyusup ke sel-sel penghasil insulin di pankreas. Itu berarti virus mengirim kadar gula darah beberapa orang meroket dengan merusak sel-sel ini dan mengurangi berapa banyak insulin yang mereka keluarkan. 

Tetapi penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa, pada banyak pasien COVID-19 dengan gula darah sangat tinggi, sel-sel pankreas ini masih bekerja dengan baik - jadi harus ada penjelasan lain, demikian dilansir dari Live Science

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Penelitian baru-baru ini, yang dipimpin oleh Dr. James Lo, seorang dokter-ilmuwan dan profesor kedokteran di Weill Cornell Medicine di New York City, menunjukkan bahwa lonjakan gula darah mungkin terkait dengan rendahnya tingkat hormon yang disebut adiponektin. 

Adiponektin membuat sel peka terhadap insulin, pada dasarnya bekerja secara sinergis dengan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Hormon diproduksi terutama oleh sel-sel lemak, tetapi pada pasien dengan COVID-19 parah dan gula darah tinggi, sel-sel lemak tampaknya tidak berfungsi dan menghasilkan adiponektin jauh lebih sedikit daripada biasanya, menurut temuan Lo dan rekan-rekannya.

Cek kadar gula darah..

Photo :
  • U-Report

Infeksi virus Corona parah yang dipelajari tim dikaitkan dengan sindrom gangguan pernapasan akut, atau ARDS, di mana cairan menumpuk di kantung udara paru-paru. Tim membandingkan kelompok pasien COVID-19 ini dengan orang lain dengan ARDS, yang telah mengembangkan sindrom dari infeksi yang berbeda. 

Insiden gula darah super tinggi serupa antara kedua kelompok, tetapi hanya pasien COVID-19 yang memiliki adiponektin rendah, mengisyaratkan bahwa virus corona entah bagaimana memengaruhi hormon, para peneliti melaporkan dalam sebuah penelitian baru-baru ini, yang diterbitkan pada tahun 2021 di jurnal Cell Metabolism. .

Dan adiponektin bukan satu-satunya hormon yang diturunkan dari lemak yang menjadi tidak stabil pada pasien COVID-19 ini, tim menemukan. Ini menunjukkan bahwa, secara umum, fungsi sel-sel lemak mereka telah terganggu.

Kerusakan ini, pada gilirannya, dapat mendorong pasien COVID-19 menjadi resisten insulin, karena adiponektin tidak lagi membuat sel mereka peka terhadap insulin, tim menyimpulkan.

Studi menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 dapat menginfeksi sel-sel lemak secara langsung, Live Science sebelumnya melaporkan, dan tim Lo mengonfirmasi temuan ini dalam percobaan dengan hamster dan sel di piring laboratorium. 

Infiltrasi virus ke sel-sel lemak ini bisa mengacaukan produksi hormon mereka. Selain itu, infeksi mendorong peradangan, yang juga dapat merusak kemampuan sel-sel lemak untuk memproduksi adiponektin, Science News melaporkan.

Pekerjaan tim menambah bukti yang berkembang bahwa SARS-CoV-2 merusak sel-sel lemak dan mengubah fungsinya dan bahwa perubahan fungsional ini dapat berkontribusi pada timbulnya diabetes pada beberapa orang. 

Dengan sendirinya, penelitian tersebut tidak dapat membuktikan bahwa penurunan hormon yang berasal dari lemak memicu diabetes terkait COVID-19; lebih banyak pekerjaan akan diperlukan untuk mengonfirmasi mekanisme yang mendasari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya