Penting, Persiapan Lansia Sebelum Vaksin Booster COVID-19

Ilustrasi penyuntikan Vaksin COVID-19
Ilustrasi penyuntikan Vaksin COVID-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Vaksin booster COVID-19 sudah diberlakukan sejak tanggal 12 Januari 2022 dan diutamakan pada kelompok lanjut usia atau lansia. Untuk itu, dibutuhkan persiapan sebelum bisa mendapatkan vaksinasi booster agar tubuh siap menerimanya.

Vaksin booster diberikan lantaran terbukti aman dan dibutuhkan usai pemberian dua dosis vaksin COVID-19. Sebab, terbukti vaksin primer tersebut antibodinya menurun setelah enam bulan pemberian. Terlebih, kini kasus Omicron sedang makin meluas.

Dipaparkan dokter spesialis penyakit dalam, dr. Adaninggar SpPD, sebelum vaksin booster, penting untuk persiapan fisik dan mental. Paling utama adalah memeriksa tiket vaksin terutama yang memenuhi syarat yaitu usia minimal 18 tahun ke atas dan sudah 6 bulan mendapatkan vaksin dosis kedua.

"Diutamakan lansia dan penderita komorbid," tulis dr. Ning, dalam laman Instagramnya.

Ilustrasi vaksin COVID-19

Ilustrasi vaksin COVID-19

Photo :
  • ANTARA FOTO

Dokter Ning menganjurkan agar para lansia bisa mengontrol komorbidnya dengan rutin konsultasi sebelum vaksin. Dengan mengetahui kondisi komorbid, maka lansia bisa mendapatkan vaksin dengan aman.

"Bila memiliki penyakit komorbid sebelumnya, kontrol dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui kondisi komorbidnya apakah dalam kondisi stabil/terkontrol/ remisi dan layak divaksin. Bila ada riwayat alergi terhadap vaksin tertentu sebelumnya, konsultasikan ke dokter sebelum vaksinasi booster terkait jenis vaksin yang akan diberikan," tulisnya lagi.