Cedera Saraf Tulang Belakang Sebabkan Impotensi? Ini Kata Dokter

Ilustrasi pria.
Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pixabay/fotorech

VIVA – Saraf tulang belakang merupakan terusan dari otak yang membentang dari leher hingga ke tulang ekor. Saraf ini berperan penting pada proses pengiriman sinyal dari otak ke seluruh tubuh dan sebaliknya. 

Jika saraf ini rusak, akan terjadi gangguan pada beberapa fungsi tubuh, antara lain hilangnya kemampuan untuk bergerak atau merasakan sesuatu. Salah satu yang cukup fatal bagi pria adalah, cedera saraf tulang belakang dapat menyebabkan impotensi. Benarkah? 

Spesialis Saraf, dr. Zicky Yombana SpS, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, cedera saraf tulang belakang dapat menyebabkan impotensi adalah sebuah fakta. Berikut penjelasannya.

Ilustrasi impotensi

Ilustrasi impotensi

Photo :
  • Men

"Yang namanya saraf itu mengontrol semua pergerakan dan fungsi tubuh manusia. Di situ ada namanya saraf motorik mengatur pergerakan, saraf sensor mengatur rasa dan saraf otonom yang tidak dikontrol dengan diri sendiri," kata dokter Zicky dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 24 Januari 2022. 

"Jadi, ini juga mengatur salah satunya fungsi ereksi. Apabila saraf otonomnya terkena karena cedera, maka fungsi ereksinya otomatis terganggu, jadi akan terjadi impotensi," tambahnya. 

Lebih lanjut dokter Zicky menjelaskan, untuk menjaga kesehatan saraf tulang belakang termasuk mencegah cederanya, yang paling utama kita harus menjaga protokol keselamatan.