Tips Mencegah dan Mengatasi Warna Kehitaman di Area Lipat Paha

Ilustrasi selangkangan hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Area lipat paha sering kali berubah warna dengan sangat mudah. Bagi sebagian kaum hawa, warna kehitaman di area lipat paha membuat mereka tidak percaya diri.

Suzuki GSX-S950 Akhirnya dapat Baju Baru, tapi Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Apalagi ketika mengenakan bikini atau lingerie, tentu warna kehitaman di area selangkangan atau lipat paha membuat tak nyaman sehingga kurang percaya diri. Nah bagaimana mencegah dan mengobatinya?

Pakar kecantikan kulit dan kelamin, dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK menjelaskan mengenai bagaimana seseorang dapat dengan mudah mencegah warna kehitaman di area lipat paha. Salah satunya dengan cara berpakaian dan penggunakan krim pemutih.

Warna Ini Bikin Ruangan Terasa Menyatu dengan Alam

"Gunakan losion tanpa pewangi dan pewarna di area tersebut. Karena yang mengandung pewangi dan pewarna dapat menyebabkan iritasi," kata dr. Atika Kusuma Dewi dalam tayangan Solusi Penyakit berjudul Selangkangan Hitam Bikin Gak Percaya Diri? Simak Cara Mencerahkannya di kanal YouTube VDVC Health yang tayang pada tanggal 22 Januari 2021.

Lalu, dr. Atika Kusuma mengatakan bahwa pakaian yang ketat dapat menyebabkan iritasi apalagi yang berbahan kasar. Sehingga, dr. Atika menyarankan untuk berpakaian yang nyaman dan agak longgar ya, ladies!

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

"Gunakan pakaian yang nyaman, tidak ketat dan berbahan halus, dan pastikan menyerap keringat," tutur dia.

Bagaimana ketika seorang wanita sedang menstruasi? Ternyata penggunaan pembalut juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan warna kehitaman di area lipat paha.

"Hindari penggunaan pembalut yang ada sayap kanan dan kiri. Karena sayap kanan dan kiri terbuat dari plastik sehingga bisa menyebabkan gesekan di area lipatan paha yang membuat iritasi dan membuat warna hitam di area lipatan paha," ungkap dr. Atika Kusuma Dewi menjelaskan.

Dokter Atika Kusuma juga menyarankan agar menghindari pakaian berbahan kasar di area lipat paha karena gesekan pakaian berbahan kasar yang mengenai kulit dapat menyebabkan iritasi.

Selanjutnya dapat terjadi hiperpigmentasi pasca inflamasi, artinya warna kehitaman setelah proses radang.

"Jangan lupa menjaga kelembapan di area lipatan paha, sehingga menghindari jamur di area lipat paha, karena dapat berwarna kehitaman  yang bersifat permanen.

Apakah berat badan juga berpengaruh terhadap warna di area lipat paha? Begini penjelasan dr. Atika Kusuma Dewi.

"Berat badan sangat berpengaruh terhadap area lipat paha karena gesekan kulit dengan kulit yang terjadi berulang kali dan sering menyebabkan peradangan dan iritasi dan berakhir warna kehitaman di area lipat paha. Karena orang gemuk akan menempel pahanya," ujar dia.

Penggunaan krim pemutih yang disarankan dan dipantau penggunaannya oleh dokter tidak masalah jika ingin digunakan. Hal ini dikarenakan area lipat paha merupakan area yang kulitnya tipis. Sehingga jangan sampai menggunakan krim pemutih yang terlalu kuat lantaran ingin cepat bersih dan putih area lipat pahanya.

"Harus dengan pantauan dokter dan kandungan pemutih yang tepat. Terapi dan pencegahan harus jadi satu. Sangat tidak disarankan penggunaan lemon di area lipat paha karena area lipat paha adalah area yang kulitnya rentan terjadi iritasi.

Kandungan lemon sangat asam dan dapat menyebabkan kulit mudah iritasi," ungkap dr. Atika Kusuma Dewi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya