Belimbing Wuluh Turunkan Hipertensi dan Gula Darah, Ini Resepnya

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA – Belimbing wuluh dengan rasanya yang asam, kerap ditambahkan ke dalam masakan untuk menambahkan rasa segar. Tapi siapa sangka, buah satu ini ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi lho. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ahli Herbal, dr. Muthoharrah, M.Si, menjelaskan, belimbing wuluh tidak hanya mengandung tanin, saponin dan flavonoid, tapi juga kalium dan vitamin C. Lalu apa manfaatnya untuk hipertensi? 

"Kita tahu kalau kalium fungsinya untuk melebarkan pembuluh darah. Kemudian vitamin C juga sebagai antioksidan, jadi untuk meningkatkan produksi nitric oxide, supaya pembuluh darah itu elastis," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 24 Januari 2022. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Untuk resep mengolahnya, dokter Muthoharrah menyarankan untuk menggunakan belimbing wuluh berukuran sedang. 

"Kemudian iris atau tumbuk. Lalu, rebus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Diminum cukup satu kali, pagi sesudah makan," terang dia.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Cegah hipertensi

Photo :
  • U-Report

Namun, Muthoharrah memperingatkan minuman tersebut hanya disarankan bagi penderita hipertensi yang belum mengonsumsi obat dokter. 

"Jadi, baru ketahuan nih tensinya tinggi, boleh menggunakan ramuan ini. Tapi, kalau sudah mengonsumsi obat dokter, harus dikonsultasikan dulu, kalau tidak nge-drop. Karena dia dapat menurunkan tekanan darah sistolik sampai 28. Jadi, harus hati-hati," ungkapnya. 

Nah, selain dapat menurunkan hipertensi, Muthoharrah mengungkap, belimbing wuluh juga ternyata dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes

"Kandungan saponin dan flavonoidnya sinergis. Jadi satu, dia meningkatkan enzim pankreas, kemudian mencegah resistensi insulin, jadi meningkatkan penyerapan dari gula. Kemudian yang ketiga, dia mengurangi penyerapan karbohidrat di usus," paparnya. 

Lalu, bagaimana cara mengolah belimbing wuluh untuk membantu mengontrol gula darah? Apakah resepnya sama seperti ramuan hipertensi? 

"Belimbing wuluh ukuran sedang boleh dipotong-potong atau tumbuk. Tapi yang diperhatikan adalah dosisnya. Untuk menurunkan gula darah yang diperlukan 6 buah belimbing wuluh dengan lebih terkonsentrasi lagi. Butuhnya hanya 1 gelas air. Setelah mendidih, masukkan belimbingnya," jelas dr. Muthoharrah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya