Jadi Sumber Protein Hewani Terbaik, Ini 5 Alasan Pentingnya Minum Susu

Ilustrasi minum susu
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang terbaik. Hal itu diungkapkan oleh Guru Besar Bidang Gizi Kesehatan Masyarakat sekaligus Wakil Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKMUI, Prof. Dr. drg Sandra Fikawati, MPH. 

Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur untuk Jaga Kondisi selama Berpuasa

Dia menyampaikan, dalam pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa susu termasuk ke dalam kelompok lauk pauk. 

"Jadi, susu benar-benar menjadi bagian yang sangat penting apabila kita berbicara mengenai pertumbuhan," ujarnya dalam webinar Hari Gizi Nasional 2022 'Bergerak Maju Bersama Demi Pemenuhan Gizi Keluarga Indonesia’, yang digelar Frisian Flag Indonesia (FFI), Selasa 25 Januari 2022. 

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

Lebih lanjut, Prof. Fika memaparkan beberapa alasan mengapa minum susu begitu penting. Apa saja? 

1. Memiliki zat gizi lengkap

Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Bocah yang Kepalanya Nyangkut di Kaleng Susu

"Susu merupakan zat gizi yang lengkap, karena di dalamnya ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak," ungkapnya. 

2. Membangun jaringan otot

Menurut Fika, susu juga dapat membantu tubuh membangun jaringan otot dan tulang ketika dalam berada fase pemulihan. Baik setelah berolahraga atau pun sakit.

Susu

Photo :
  • Times of India

3. Mengandung hormon

"Ini juga sangat penting kalau kita berbicara mengenai stunting. Karena dia mengandung hormon yang merangsang faktor pertumbuhan, yaitu Insulin-Like Growth Factor-1 (IGF-1), yang memfasilitasi pertumbuhan dengan meningkatkan penyerapan asam amino yang terintegrasi menjadi protein baru di jaringan tulang," paparnya. 

4. Lebih Praktis Dikonsumsi

Fika mengatakan, susu dinilai lebih penting dibandingkan dengan protein hewani yang lain, karena susu lebih praktis untuk dikonsumsi, terlebih untuk anak. 

"Misalnya susu kotak sudah langsung bisa diberikan pada anak. Berbeda dengan sumber protein hewani yang lainnya, seperti daging, telur, ikan, itu diperlukan persiapan khusus untuk bisa diberikan pada anak," tuturnya. 

"Selain itu, walaupun sudah disiapkan, anaknya biasanya makannya tidak banyak. Kalau kita bandingkan, satu susu mungkin di dalamnya ada sekitar 4-6 gram, kalau ikan bisa mencapai 7-12 gram. Tapi apakah anak bisa makan satu ikan? Pasti cuma sebagian kecil. Itu mungkin hanya sekitar 1-2 gram protein yang didapatkan," tambahnya. 

5. Makanan Alami untuk Anak

"Kemudian mengapa susu penting, karena susu adalah makanan alami untuk anak. Sejak lahir pun anak sudah diberikan susu. Itu sebabnya, kalau diberikan pada anak, tentunya akan lebih mudah diasup oleh anak," pungkas Prof. Sandra Fikawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya