Serangan Jantung Intai Usia Muda, Apa Pemicunya?

Serangan jantung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Serangan jantung, menjadi salah satu masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Penyakit berkaitan jantung sendiri dulunya dikenal merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang tua.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Namun belakangan ini semakin banyak masalah kardiovaskular di antara populasi yang lebih muda yang didiagnosis dan dilaporkan.

Konsultan Kardiologi dengan Rumah Sakit P.D Hinduja, Mahim, Mumbai, Dr. Sudhir Pillai menjelaskan serangan jantung atau infark miokard mengacu pada penyumbatan atau gumpalan darah yang terbentuk di dalam arteri, yang menghalangi aliran darah ke jantung.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Ketika aliran darah ke jantung tiba-tiba tersumbat karena pembentukan plak, hasil dari timbunan lemak, termasuk kolesterol, arteri koroner dapat menyempit, yang menyebabkan serangan jantung.

Konon, sebagian besar serangan jantung bisa berakibat fatal dan oleh karena itu, mereka membutuhkan perawatan medis segera saat dan ketika terjadi.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Apa yang menyebabkan serangan jantung menyerang usia muda?

Dilansir dari laman Times of India, pilihan gaya hidup yang Anda buat, rencana diet, rutinitas olahraga dan bagaimana Anda mengelola tingkat stres Anda dapat mempengaruhi kemungkinan Anda terkena serangan jantung di usia muda.

Konsultan Senior, Ahli Elektrofisiologi Jantung dan Ahli Jantung Intervensi, Rumah Sakit Apollo, New Delhi, Dr Vanita Arora mengatakan, anak-anak muda saat ini tidak mendapatkan pemeriksaan jantung sebelumnya.

Orang-orang mulai berolahraga tanpa pemeriksaan jantung sebelumnya dan kemudian selama gym mereka melakukan latihan beban, yang meningkatkan ketebalan jantung, mereka melakukan latihan treadmill, latihan silang. Beberapa bahkan mengambil suplemen yang tidak baik dan menyebabkan kerusakan pada jantung, menyebabkan aritmia.

Di sisi lain, dr. Pillai menjelaskan, ketika seseorang berusia dua puluhan, mereka perlahan-lahan mulai mengembangkan penyumbatan yang dapat diabaikan karena peningkatan kolesterol atau faktor genetik lainnya.

Serangan jantung.

Photo :
  • U-Report

Namun, ketika orang tersebut menghadapi peristiwa stres akut, mengalami aktivitas fisik yang signifikan tanpa persiapan atau beban berat.

"Stres biologis seperti infeksi, aktivitas pada jantung menyebabkan gumpalan terbentuk di dekat penyumbatan yang sudah ada, yang menyebabkan gumpalan dan bahkan serangan jantung. Sementara peningkatan penyakit jantung telah lazim dan tren yang dapat diamati selama dekade terakhir, peningkatan kasus tahun lalu lebih memprihatinkan," kata Dr. Pillai.

Apakah cukup olahraga dan makan sehat? Atau apakah faktor genetik berperan seseorang terkena serangan jantung di usia muda?

Tidak ada keraguan bahwa gaya hidup sehat dapat mengurangi penyakit kardiovaskular dan juga menurunkan risiko mengembangkan penyakit kronis lainnya seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan hiperglikemia.

Olahraga rutin dan diet yang tepat tentu memainkan peran penting dalam mencegah penyakit. Namun, mengingat meningkatnya jumlah pasien jantung muda, yang lebih sadar dan terinformasi, ada lebih dari apa yang terlihat.

Dr Pillai menjelaskan bahwa sebagian besar penduduk India juga secara genetik cenderung mengalami komplikasi ini, yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

"Penularan genetik penyakit kardiovaskular ini paling sering diamati terutama ditularkan melalui pihak ayah daripada ibu," katanya.

Selain itu, ia menyoroti bahwa transmisi genetik ini berdampak pada generasi muda kira-kira sekitar 5-10 tahun sebelum mempengaruhi orang tua mereka pada generasi sebelumnya.

Ketika pola genetik terbentuk, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kardiovaskular sepenuhnya, tetapi faktor risikonya dapat dikurangi. Serangan jantung yang belakangan ini menyerang usia muda juga sering dikaitkan dengan stress dan kecemasan.

Studi telah menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dari stres jangka panjang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap kolesterol darah tinggi, trigliserida, gula darah dan meningkatkan risiko hipertensi. Ini adalah faktor risiko umum untuk penyakit jantung, menurut para ahli.

Menurut Dr. Arora, orang muda memiliki banyak stres, terkait stres kinerja, stres yang terkait dengan urbanisasi, gaya hidup yang sering menyebabkan merokok, minum, kebiasaan dan pola makan yang tidak sehat. Hal ini pada gilirannya menyebabkan stres pada jantung, menyebabkan baik serangan jantung, henti jantung atau aritmia.

Meningkatnya kasus serangan jantung di kalangan usia muda para ahli mengingatkan untuk mereka mulai memperhatikan kesehatannya. Dr. Arora menjelaskan penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung.

Terlebih jika seseorang memiliki riwayat keluarga yang kuat dengan penyakit jantung, maka seseorang harus mengunjungi ahli jantung atau ahli elektrofisiologi jantung jika perlu.

Di sisi lain, Dr Pillai merekomendasikan untuk mengubah gaya hidup seseorang, membatasi konsumsi gula berlebih, memantau lipid, mengendalikan konsumsi lemak, dan berhenti merokok dan minum, yang meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya