Minum Teh Murbei Ampuh Pangkas Gula Darah Penyandang Diabetes

Ilustrasi teh.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Kabar baik bagi para penyandang diabetes! Para peneliti kini sudah menemukan minuman sehat dan sederhana dalam mengatur kadar gula darah untuk tubuh yang sehat maupun yang sedang mengidap diabetes.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Dikutip dari laman The Sun, Kamis, 27 Januari 2022, kunci untuk mengendalikan diabetes tipe dua pada dasarnya ada pada perubahan diet. Namun sayangnya, hal tersebut tak mudah dijalani bagi sebagian besar pasien.

Penyandang diabetes tipe 2 memiliki kondisi tubuh yang tidak dapat memproduksi cukup insulin. Insulin itulah yang mengatur gula darah. Tanpa insulin, gula darah dapat mencapai titik tertinggi yang berbahaya.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Tetapi para peneliti menemukan bahwa minum teh daun murbei dapat secara dramatis menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Saudi Journal of Biological Sciences menemukan bahwa hal itu mampu menyeimbangkan lonjakan yang bisa terjadi setelah makan.

Ilustrasi teh.

Photo :
  • Kaboompics
Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Untuk percobaan, 20 pasien diabetes tipe 2 diberi teh standar, dan 28 pasien lain diberi teh daun murbei. Sampel darah dikumpulkan setelah sarapan, dengan kadar glukosa diperiksa 90 menit setelah 70ml teh dengan satu sendok teh gula.

Para peneliti mencatat ada penurunan sangat besar dalam kadar gula darah setelah minum teh murbei. Bahkan, penurunannya pun sangat signifikan sehingga bisa bermanfaat bagi tubuh.

"Teh murbei menekan kenaikan kadar glukosa darah postprandial setelah 90 menit konsumsi," tutur peneliti.

Di sisi lain, mengatur pola makan dan mengawasi apa yang dapat menyebabkan lonjakan gula adalah cara sederhana untuk tetap berada di atas diabetes tipe 2. Mengetahui pentingnya penurunan berat badan bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2, para peneliti yang dipimpin oleh University of Glasgow ingin menyimpulkan cara paling efektif untuk melakukannya, mempublikasikan temuan mereka di jurnal Diabetologia.

Ilustrasi teh panas

Photo :
  • Pexels

Mereka mempertimbangkan diet rendah kalori, rendah karbohidrat, tinggi protein, vegetarian, Mediterania, diet makanan tinggi lemak sehat dan rendah GI. Satu-satunya yang disarankan para peneliti adalah diet rendah kalori yang terbuat dari antara 500 hingga 1.500 kalori per hari.

Kondisi diabetes sendiri bisa tidak terdeteksi karena gejalanya sulit dikenali, atau diabaikan sebagai sesuatu yang lain. Orang-orang dapat hidup hingga 10 tahun dengan diabetes tipe 2, tipe yang paling umum, sebelum didiagnosis. Untuk itu, kenali gejala paling umum sejak dini sebagai berikut:

Kencing lebih dari biasanya, terutama di malam hari 
Merasa haus sepanjang waktu 
Merasa sangat lelah Kehilangan berat badan tanpa berusaha 
Gatal di sekitar alat kelamin, atau berulang kali mengalami sariawan 
Tergores atau luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh 
Penglihatan kabur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya