Menkes Sebut Penyebaran Varian Omicron RI Pertama Kali di Jakarta

Ilustrasi COVID-19/virus corona
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ungkap pola penyebaran kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia. Budi mengungkap bahwa pola penyebaran varian Omicron bermula di Jakarta.

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

"Memang pengamatan kita pola sebaran Omicron di Jakarta dulu nanti geser ke Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi dalam virtual conference, Kamis 27 Januari 2022.

Lebih lanjut, Menkes Budi mengungkap melihat pola penyebaran itu pihaknya meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan program vaksinasi COVID-19 khususnya bagi lansia di tengah meningkatnya varian Omicron di Tanah Air.

Menkes: Prospek Industri Alat Kesehatan Menjanjikan, Indonesia Harus Bisa Produksi Sendiri

Mengenai capaian vaksinasi untuk lansia, diungkap Menkes cakupan vaksinasi lansia di Jakarta terbilang cukup tinggi.

"Beruntung di daerah ini vaksinasi lansia-nya cukup tinggi, ini menjadi medan perang pertama, terutama DKI Jakarta termasuk yang paling siap," kata Menkes.

Soal Makan Siang Gratis Rp15.000, Apakah Cukup Penuhi Gizi untuk Anak? Ini Kata Menkes

Ilustrasi sampel pasien varian Omicron

Photo :
  • Times of India

Di sisi lain dirinya juga mendorong untuk kepala daerah lainnya untuk mempercepat program vaksinasi lansia. Mengingat di beberapa daerah cakupan vaksinasi yang masih rendah.

"Vaksinasi lansia masing-masing daerah bervariasi, kita sudah minta kepala daerah untuk memvaksinasi lansia mereka. Vaksinasi ini penting bagi lansia untuk melindungi mereka," kata Menkes.

Ia juga selalu memastikan komunikasi dengan sejumlah pihak di daerah untuk tingkat vaksinasi yang masih belum mencapai target pemerintah atau WHO.

"Kita bisa menguji strategi kita seperti apa, saya berharap daerah-daerah lain yang masih rendah bantu dipercepat," tegas Menkes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya