Aktivitas Berisiko Tinggi yang Rentan Tertular COVID-19

Nonton di bioskop
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ketika kasus virus corona diseluruh negara terus meningkat, pihak berwenang telah mendesak orang untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegahnya. Dengan varian Omicron yang sangat menular berkeliaran, menjadi semakin penting untuk mengikuti perilaku yang sesuai dengan COVID-19.
 
Meskipun demikian, sambil mengenakan masker, menjaga jarak sosial dan mematuhi kebersihan tangan yang tepat adalah kebutuhan saat ini, menjauhkan diri dari aktivitas tertentu juga dapat memastikan keselamatan Anda. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Berikut ini aktivitas berisiko tinggi yang rentan tertular COVID-19 dikutip dari Times of India.

Bepergian (menggunakan transportasi umum)

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Jika Anda berencana pergi ke suatu tempat melalui udara atau menantikan perjalanan kereta api atau bus, ingatlah bahwa dengan melakukan itu, Anda tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga meningkatkan peluang orang lain tertular virus, di kasus Anda tanpa gejala. 

Mengingat tingkat infektivitas virus yang tinggi dan fakta bahwa virus itu dapat menyebar hanya dengan kontak dekat, bepergian jelas merupakan kegiatan yang berisiko. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Menggunakan transportasi umum dengan cara apa pun adalah risiko, karena tidak mungkin Anda bisa terpisah sejauh 1,5 meter dari orang lain. Selain itu, Anda lebih rentan menyentuh permukaan yang terkontaminasi, yang merupakan salah satu cara untuk menularkan virus juga.

Makan di dalam restoran yang ramai

Makan di restoran

Photo :
  • Times of India

Virus corona baru sangat menular dan dapat menyebar melalui kontak dekat, itulah sebabnya para ahli mendesak orang untuk menghindari tempat-tempat ramai. Selain itu, diyakini bahwa virus SARs-COV-2 dapat menyebar lebih merajalela di lingkungan dalam ruangan yang tertutup, berventilasi buruk, dan padat. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), adalah karena "aerosol dapat tetap melayang di udara atau melakukan perjalanan lebih jauh dari jarak percakapan." Itu sebabnya, makan di dalam restoran yang ramai tentu sangat tidak aman, apalagi saat varian yang sangat bermutasi seperti Omicron berkeliaran dengan bebas di antara orang-orang.

Menjadi tuan rumah atau menghadiri pertemuan dalam ruangan

Meskipun Tahun Baru telah berakhir, orang menemukan alasan berbeda untuk berpesta dan bersenang-senang. Namun, jika Anda berencana mengadakan pesta rumah atau menghadirinya sekarang, maka itu jelas merupakan ide yang buruk. 

Seperti disebutkan sebelumnya, coronavirus adalah infeksi pernapasan yang sangat menular, yang juga dapat menyebar melalui udara. Oleh karena itu penting untuk diingat bahwa virus lebih mudah menyebar di pertemuan sosial dalam ruangan, karena melibatkan banyak orang yang berbicara, tertawa, berteriak, bersin, dan menyentuh permukaan yang mungkin terkontaminasi.

Mengunjungi salon untuk potong rambut

Ke salon

Photo :
  • Times of India

Jika Anda berencana untuk potong rambut di salon, sebaiknya hindari untuk saat ini. Aktivitas ini menempatkan Anda pada risiko besar, karena Anda tidak hanya menghirup udara yang sama dengan tukang cukur atau stylist Anda, tetapi juga sangat dekat dengan mereka. Meskipun memakai masker memang melindungi Anda dari infeksi, itu tidak membuat Anda tak terkalahkan.

Menonton film di bioskop

Bioskop adalah yang paling ramai, terutama jika Anda memiliki film blockbuster yang diputar di layar. Tetapi karena ramai, Anda lebih mungkin terinfeksi virus. Karena COVID-19 dapat menyebabkan infeksi ringan hingga sedang hingga berat, beberapa orang juga dapat tanpa gejala. 

Meskipun demikian, bahkan jika orang yang duduk di sebelah Anda di teater mungkin tampak baik-baik saja, sama sekali tidak ada yang tahu apakah dia positif mengidap virus tersebut. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda saat ini adalah dengan tetap di rumah dan keluar hanya jika diperlukan.

Berbelanja di mal

Ke mal

Photo :
  • Times of India

Kebutuhan untuk berbelanja tidak pernah benar-benar surut. Namun, berbelanja di tengah meningkatnya kasus COVID-19 bisa sangat berbahaya. Pusat perbelanjaan bisa menjadi hotspot yang bagus untuk virus, mengingat selalu sangat ramai dan itu adalah pengaturan dalam ruangan. 

Ada kemungkinan besar bahwa kita mungkin secara tidak sadar melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi atau mungkin menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Inilah sebabnya mengapa kita harus menghindari ruang-ruang seperti itu dan bahkan jika kita berkunjung, mengambil tindakan pencegahan sangat penting.

Vaksin COVID-19 adalah perlindungan terbaik yang kami miliki terhadap virus SARs-COV-2. Menurut para ahli, memvaksinasi diri sendiri harus diprioritaskan bagaimanapun caranya. Namun, divaksinasi lengkap tidak menjamin perlindungan dari tertular virus. 

Melainkan hanya mencegah penyakit parah, mengurangi kemungkinan rawat inap dan meminimalkan risiko kematian. Yang mengatakan, terus mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan. Pakai masker dan tetap jaga jarak. Yang terpenting, hindari aktivitas yang tidak perlu dan tidak aman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya