Makan Buah Ini Setiap Hari Picu Gula Darah Turun Drastis

Ilustrasi Buah
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

VIVA – Penderita diabetes terus-menerus berjalan di ambang antara menjaga kadar gula darah yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Kekhawatiran akan dua hal tersebut cenderung berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Dikutip dari laman The Sun, penelitian telah menemukan makanan dan minuman tertentu yang dapat membantu jika Anda perlu menurunkan kadar glukosa atau menaikkannya sedikit. Dengan diabetes tipe 1, pankreas seseorang tidak menghasilkan insulin, tetapi pada tipe 2, sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Ini berarti jumlah insulin yang lebih besar diperlukan untuk menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Pharma and Bio Sciences melihat efek konsumsi apel setiap hari, pada orang-orang yang berjuang untuk menjaga gula darahnya tetap rendah. Penelitian ini menyelidiki efek buah pada gula darah puasa (tingkat setelah puasa semalam) dan tingkat lipid (lemak darah) pada penderita diabetes tipe 2.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Kurang dari 100 orang dengan penyakit diabetes dibagi menjadi dua kelompok yakni satu yang akan makan apel setiap hari dan yang lain tidak. Kadar gula dan lipid diukur di awal, dan setelah empat minggu menjalani diet.

Ilustrasi Diabetes

Photo :
  • U-Report
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Setelah empat minggu mengonsumsi apel setiap hari, para peneliti mencatat penurunan kadar gula darah puasa yang "sangat signifikan". Hasil ini sama untuk orang-orang dalam kelompok itu dari segala usia dan jenis kelamin. Tidak hanya kadar gula darah yang diturunkan, kadar kolesterol dan lemak jahat juga menurun.

"Studi saat ini mengungkapkan bahwa satu apel ukuran sedang dalam diet penderita diabetes tipe II mengurangi kadar gula darah puasa dan parameter lipid yang bermanfaat bagi kesehatan normal penderita diabetes bersama dengan obat anti-diabetes," tuturnya.

Diabetes UK menegaskan bahwa penting bagi Anda untuk mengontrol kadar glukosa darah sebaik mungkin karena kadar gula yang terlalu tinggi untuk jangka waktu yang lama meningkatkan risiko pengembangan komplikasi diabetes. Memiliki kadar gula darah tinggi secara teratur bukanlah sesuatu yang harus Anda jalani. Ini karena dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko Anda terkena komplikasi diabetes, seperti neuropati dan retinopati.

Meskipun baik untuk mengetahui cara menurunkan gula darah Anda saat terlalu tinggi, penting juga untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat terlalu rendah. Sepotong buah seperti setengah pisang, setengah cangkir jus buah, beberapa permen atau segelas kecil susu dapat membantu.

Jika Anda berjuang untuk mengatur kadar gula darah Anda, bicarakan dengan dokter umum Anda dan mereka dapat membantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya