Kaya Gizi, dr Zaidul Akbar Ungkap Khasiat Istimewa Ubi Jalar

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Kebutuhan akan asupan makanan sehat dan bergizi tinggi, seolah menjadi hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Makin banyaknya bahan makanan mengandung pengawet dan zat penyedap yang membahayakan kesehatan pun jadi hal penting yang patut dicermati.

Dokter Zaidul Akbar Bagikan Resep Minuman Sehat dan Nyegerin untuk Berbuka Puasa

Situasi itu pula yang menimbulkan keprihatinan dokter Zaidul Akbar untuk turut mencoba memunculkan alternatif pilihan bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk dikonsumsi.

Dalam postingan di akun Instagram pribadinya, @zaidulakbar, dokter yang dikenal sangat concern dengan nilai-nilai religi ini pun membeberkan sebuah fakta dari tanaman ubi jalar.

Zaidul Akbar Ungkap Penyakit Bodoh hingga Kecemasan Bisa Hilang di Ramadhan, Gimana Caranya?

Menurut dokter Zaidul Akbar, ubi jalar merupakan salah satu pilihan alternatif bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang menyehatkan, di samping juga memang rasanya yang sangat enak.

"Makanan enak dan sehat gini kok dilewatkan?," tulis dokter Zaidul Akbar dalam membuka pemaparan soal ubi jalar dalam caption postingannya tersebut, yang diunggah pada 2 Februari 2022.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Menurut dokter Zaidul Akbar, Beta karoten yang merupakan antioksidan aktif sebagai bahan pembentukan utama vitamin A. Dan ubi jalar merah ini punya beta karoten lebih tinggi.

Semakin pekat warnanya semakin tinggi beta karotennya, yang menarik bahkan jika dimakan bersama kulitnya kandungan beta karotennya bisa lima kali lipat.

Lutenin dan zeaXanthin pada ubi ini punya peran mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, bahasa lainnya ya ubi ini punya kandungan antioksidan berlimpah.

100gr ubi jalar ini hanya 118 kalori dan bebas lemak dan tidak menyebabkan kenaikan drastis gula darah di tubuh.

Kandungan oligosakarida nya berperan besar sebagai serat yang baik untuk tubuh atau makanan untuk mikrobioma di pencernaan kita, artinya ubi ini bs menjadi sumber produksi hormon bahagia dari seratnya tadi.

"Ubi .. makanan anak negeri ini, setuju? Yuk makan ubi," ungkap dokter Zaidul.

"Enaknya di apain cocolannya? Ato dibuat apa aja ni ubi jalar dengan segudang manfaatnya ini?" jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya