Ampuh Stabilkan Gula Darah, Begini Cara Olah Terong Belanda

Terong Belanda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Terong belanda merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Terong belanda diketahui mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Sehingga terong belanda memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaat kesehatan dari terong belanda jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kolesterol.

Spesialis gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK pun coba menjelaskan tentang khasiat dari buah terong belanda dalam program Hidup Sehat Plus tvOne, Rabu 2 Februari 2022.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Menurut dokter Juwalita, kandungan zat gizi yang terkandung di dalam terong belanda mampu menurunkan kadar kolesterol jenis Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang biasa dikenal dengan istilah kolesterol jahat.

Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan kadar kolesterol jenis High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Selain itu, diungkap juga bahwa terong belanda juga bisa menurunkan darah tinggi secara alami.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Terong Belanda

Photo :

"Di dalam terong belanda terkandung zat polifenol ini memiliki aktivitas anti hipertensi atau dapat menstabilkan tekanan darah," kata dia.

Terong belanda juga diungkap Juwalita dapat menstabilkan gula darah dan mencegah kencing manis atau penyakit gula. Hal ini lantaran adanya kandungan peptin di dalam terong belanda.

"Terong belanda dapat stabilkan gula darah dan cegah kencing manis karena di dalamnya terdapat serat larut yang namanya peptin yang fungsinya di dalam saluran cerna memperlambat penyerapan sehingga kadar gula darah melonjak naik namun naiknya akan perlahan-lahan," kata dia.

Di sisi lain, Juwalita juga mengungkap bagaimana cara mengolah terong belanda yang tepat sehingga masyarakat mendapatkan manfaat kesehatan dari buah tersebut.

"Olah menjadi jus, pilih 2 buah kemudian ambil dagingnya. Kemudian untuk memberikan rasa bisa tambahkan nanas, atau buah naga. selain itu tambahkan yoghurt hindari menambahkan susu kental manis, madu atau gula, ambil rasa manis alami," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya