9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Menggunakan Bahan Alami

Ilustrasi ketiak.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Cara menghilangkan bau ketiak bisa dilakukan dengan mudah, yaitu menjaga kebersihan tubuh. Bukan hanya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bau ketiak yang tidak teratasi juga akan menurunkan rasa percaya diri. Bau ketiak ini terjadi lantaran adanya bakteri yang ada di atas permukaan kulit ketiak dan kemudian bertemu dengan keringat yang diproduksi oleh tubuh, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Untuk menghilangkan bau ketiak ini, kamu dapat menggunakan beberapa produk deodoran tertentu. 

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara menghilangkan bau ketiak mulai dari mandi yang benar sampai memperhatikan konsumsi makanan dan berolahraga. Karena, bau ketiak bergantung pada pola hidup yang kamu jalankan. Selain itu, menghilangkan bau ketiak juga bisa memakai bahan alami, seperti tumbuhan, dedaunan, sampai buah-buahan yang tentu saja akan membuat kamu lebih percaya diri menjalankan aktivitas sehari-hari. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan cara menghilangkan bau ketiak, simak ulasan berikut ini yang disadur dari

1. Menggunakan Deodoran

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Deodoran

Photo :
  • U-Report

Deodoran adalah salah satu cara menghilangkan bau ketiak yang paling sederhana dan mudah untuk menangani bau ketiak. Hal ini karena deodoran dibuat secara khusus untuk dapat menutupi bau tidak enak di ketiak. Deodoran juga berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih asam sehingga mencegah adanya reaksi antara keringat dan bakteri. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan antiperspiran yang mengandung bahan aktif mirip aluminium klorida yang dapat memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat. 

Manggung dengan Keringat Bercucuran, Kondisi Vidi Aldiano Bikin Khawatir

2. Rajin Mandi

Ilustrasi mandi dengan sabun antiseptik

Photo :
  • U-Report

Higienitas yang buruk akan mengakibatkan bau badan, salah satunya adalah bau ketiak. Maka dari itu, bila kamu adalah salah satu orang yang rentan mengalami bau badan, maka pastikan mandi secara rutin, terutama dalam membersihkan area-area yang bisa mengeluarkan bau. Kamu dapat menggunakan sabun anti bakteri mungkin akan membantu mengatasi bau ketiak.  Setelah itu, pastikan bahwa baju yang kamu gunakan masih dalam keadaan bersih. Memakai baju bekas pakai yang telah berkeringat tentunya akan mengakibatkan bau badan yang tidak tertahankan. 

3. Jangan Mengonsumsi Makanan Penyebab Bau Badan

Sayuran kaya kolagen.

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya membuat napas menjadi bau, beberapa makanan juga bisa mengakibatkan bau badan dan bau ketiak. Maka dari itu, kamu harus menghindari makanan-makanan itu sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa dicoba. 

Sejumlah makanan yang mengandung sulfur, mulai dari kol, kubis, dan brokoli akan berdampak pada bau badan. Begitu juga dengan bawang putih dan bawang merah yang sama-sama akan mengakibatkan bau badan. 

4. Mengoles Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold

Seperti yang kita ketahui bahwa lidah buaya sangat kaya antioksidan dan mempunyai kandungan anti bakteri sehingga bisa dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Caranya sangat mudah hanya dengan mengaplikasikan secara topikal sehingga membantu untuk menghilangkan bakteri penyebab bau ketiak semalaman dan bilas di pagi hari.

5. Cuka Apel

Cuka sari apel

Photo :
  • Pinkvilla

Cuka sari apel ternyata memiliki manfaat sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Bukan hanya bau badan, cuka sari apel juga dapat dipakai untuk kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi, diabetes, jerawat, dan lainnya. Asam tartar yang terdapat di dalam cuka apel bisa menghambat pertumbuhan bakteri dan asam asetat berfungsi sebagai anti mikroba. 

6. Daun Sirih

Ilustrasi Daun Sirih

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau ketiak berikutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Kandungan anti oksidan yang terdapat di dalam daun sirih sangat ampuh untuk membasmi masalah kesehatan. Selain itu, daun sirih juga mengandung vitamin C, niacin, dan riboflavin yang juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. 

Untuk menghilangkan bau ketiak dengan bahan ini adalah dengan mandi memakai rebusan air rebusan daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air dan campurkan dalam bak mandi yang akan digunakan untuk mandi. Lakukan hal ini secara rutin, maka bau ketiak akan segera menghilang. 

7. Daun Kemangi

Ilustrasi daun kemangi.

Photo :
  • U-Report

Minyak atsiri diyakini bisa menghilangkan bau ketiak ada di dalam daun kemangi. Selain itu, daun kemangi juga memiliki fungsi sebagai antiseptik. Kamu hanya perlu mengonsumsi segenggam daun kemangi setiap pagi dan sore sebagai lalapan. Akan tetapi, bila kamu tidak menyukai daun itu, kamu memakainya sebagai teh. Keringkan daun kemangi dan tumbuk sampai halus serta saring.

8. Mencukur Bulu Ketiak

Bulu Ketiak

Photo :
  • Istimewa

Cara menghilangkan bau ketiak berikutnya adalah dengan mencukur bulu ketiak secara teratur. Hal ini karena bulu ketiak akan menahan penguapan keringat, sehingga ketiak akan menjadi lembap dan membuat bakteri penyebab bau badan semakin berkembang lebih cepat. 

9. Menggunakan Lemon

Lemon

Photo :
  • stardaily

Zat asam yang tinggi di dalam lemon berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit. Dengan demikian, bakteri yang menyebabkan bau badan akan semakin berkurang. Cara menghilangkan bau ketiak dengan memakai lemon mudah dilakukan, hanya dengan menggosokkan potongan lemok ke bagian ketiak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya