5 Tips Jaga Pola Makan Sehat Menurut WHO, Nomor 1 Sering Lupa

Ilustrasi memasak sayuran.
Sumber :
  • Pixabay/naimbic

VIVA – Mengonsumsi makanan sehat sangat penting selama pandemi COVID-19. Apa yang kita makan dan minum, dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencegah, melawan dan pulih dari infeksi COVID-19.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Meskipun tidak ada makanan atau suplemen yang dapat mencegah atau menyembuhkan COVID-19, menerapkan diet sehat sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. 

Nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lain, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Anak Puasa Hingga Ikut Mudik? Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Jelang Lebaran

Berikut beberapa tips menjaga pola makan sehat, dikutip dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa 8 Februari 2022.

ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ini 5 Tanda Kucing Peliharaan Kamu Sedang Sakit

1. Konsumsi makanan bervariasi, termasuk buah dan sayur

Setiap hari, konsumsi biji-bijian yang bervariasi, seperti gandum, nasi, kacang-kacangan seperti lentil. Jangan lupa konsumsi juga sayuran dan buah-buahan segar, dengan beberapa makanan dari sumber hewani, misalnya daging, ikan, telur dan susu.

2. Kurangi asupan garam

Batasi asupan garam maksimal 5 gram atau 1 sendok teh sehari. Saat memasak dan menyiapkan makanan, gunakan garam secukupnya serta kurangi penggunaan saus dan bumbu asin, seperti kecap asin, kaldu atau kecap ikan. 

3. Konsumsi minyak dan lemak dalam jumlah sedang

Ganti mentega, ghee dan lemak babi, dengan lemak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun, kedelai, bunga matahari atau minyak jagung untuk memasak. Selain itu, pilih juga daging putih seperti unggas dan ikan yang lebih rendah lemak daripada daging merah. 

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Unsplash

4. Batasi asupan gula

Batasi asupan makanan dan minuman manis, seperti minuman bersoda, jus buah, minuman energi dan olahraga, teh dan kopi siap minum, serta minuman susu beraroma. Pilih buah-buahan segar dibanding camilan manis, seperti kue kering atau cokelat. 

5. Minum air yang cukup

Hidrasi yang baik sangat penting untuk mengoptimalkan kesehatan. Air putih adalah minuman paling sehat dan murah. Minum air putih sebagai pengganti minuman manis, adalah cara sederhana untuk membatasi asupan gula dan kalori berlebih. 

ilustrasi salad buah

Photo :
  • U-Report

Nah, untuk berbelanja makanan sehat, kini sudah tersedia Senisehat Healthy Store. Store yang menyediakan produk makanan sehat di e-commerce itu, kini memperluas usaha produk makanan sehatnya dengan membuka offline store di kawasan Gading Serpong Tangerang.

Perwakilan dari Senisehat, Febi Darajatti, menjelaskan, beberapa produk yang dijual, antara lain, snack sehat, mi sehat, tepung-tepungan organik, minuman sehat, minyak VCO, biji-bijian dan kacang-kacangan hingga vitamin, masker, handsanitizer dan juga minyak aroma therapy. 

"Produk unggulan dari Senisehat sendiri adalah produk custom. Berupa paket produk khusus untuk hari hari tertentu (Idul Fitri, Natal, Imlek, Hari kemerdekaan, dan lain-lain) dan juga custom bebas (Birthday, Anniversary, Graduation,dan lain-lain)," kata Febi dalam keterangan tertulis. 

"Selain itu, kami juga menyediakan produk paket diet defisit kalori (menurunkan berat badan) untuk 6 hari. Paket tersebut sudah dihitung kalorinya dan pembeli juga mendapatkan benefit berupa free konsultasi langsung dengan ahli gizi kami mengenai paket diet mana yang cocok untuk mereka," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya