5 Makanan Baik Untuk Kesehatan Mata

Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Mata merupakan salah satu organ yang paling penting, maka dari itu menjaga kesehatan mata harus kita lakukan sejak dini, dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, supaya terhindar dari gangguan mata.

5 Tips Nyimpan Buah dan Sayuran supaya Segar Berminggu-minggu

Menjaga kesehatan mata merupakan langkah yang harus dilakukan, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat, salah satu dengan mengkonsumsi makanan-makanan tentu, tidak hanya wortel saja yang bisa membuat kesehatan mata meningkat.

Berikut beberapa makanan yang harus dikonsumsi untuk menjaga kualitas kesehatan mata, seperti dikutip dari hallosehat dan halodoc, sebagai berikut:

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

1. Konsumsi Sayuran Hijau

Ilustrasi sayuran hijau.

Photo :
  • boldsky.com

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Pada sayuran hijau, terdapat lutein dan zeaxanthin, yaitu jenis antioksidan yang juga ditemukan pada jenis makanan lain, sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin.

Berikut adalah jenis sayuran hijau yang kaya akan lutein dan zeaxanthin sebagai berikut, brokoli, bayam, kangkung, selada, kacang panjang dan zucchini.

2. Konsumsi Buah-Buahan

Konsumsi buah-buahan

Photo :
  • U-Report

Buah juga merupakan makanan dengan sumber vitamin dan antioksidan tinggi yang baik untuk mata, apabila Anda ingin menjaga kualitas penglihatan Anda, buah-buahan adalah pilihan yang tepat karena mengandung vitamin A dan C yang berguna untuk kesehatan mata.

Berikut beberapa buah-buahan yang kaya dengan vitamin C, Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk ke dalam kelompok sitrus, jika anda kurang menyukai yang asem-asem, anda bisa menggantinya dengan stroberi, buah ini juga kaya dengan kandungan vitamin C.

3. Labu Kuning

Labu kuning.

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Jenis buah dan sayur yang berwarna kuning dan oranye, seperti wortel memiliki banyak kandungan beta karoten. Selain wortel, labu kuning juga bisa jadi pilihan. Beta karoten nantinya akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya mencegah rabun senja.

4. Telur

Telur rebus

Photo :
  • Times of India

Kuning telur yang kaya akan kandungan vitamin A, lutein, zeaxanthin dan seng, seng merupakan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan retina serta bisa melindungi kerusakan mata dari sinar yang berlebihan.

Telur merupakan makanan yang tidak sulit dicari, cara makannya pun sangat bervariasi, ada yang di rebus, atau di goreng setengah matang, hingga di campur dengan menu makanan yang lain.

5. Ikan

Ikan segar

Photo :
  • Pixabay/ JohnAdamSj

Menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi ikan laut, seperti ikan tuna, salmon, makarel, halibut ikan asin dan sarden. Jenis makanan ini banyak mengandung asam lemak jenis DHA yang disebut bisa membantu mencegah terjadinya sindrom mata kering. Selain itu, asam lemak pada ikan juga bisa melindungi mata dari peradangan dan membantu kinerja mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya