Ini Alasan Orang Indonesia Lebih Pilih Berobat Kanker di Luar Negeri

Penyakit kanker.
Penyakit kanker.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Bagi para penderita kanker yang tidak terkendala masalah biaya, biasanya mereka akan lebih memilih untuk menjalani pengobatan kanker di luar negeri. 

Koordinator Kanker Paru Cancer Information and Support Center, Megawati Tanto, turut mengungkap beberapa alasan mengapa orang Indonesia lebih memilih berobat kanker ke negeri orang, dibanding negaranya sendiri. 

"Teman-teman yang memilih berobat ke luar negeri karena ada beberapa alasan. Pertama dari sisi pelayanan, fasilitas yang lebih lengkap dan penyediaan informasi yang baik. Jadi diagnosisnya lebih cepat dan akurat," ujarnya saat konferensi pers memperingati Hari Kanker Sedunia, yang digelar virtual, Selasa 8 Februari 2022. 

Selain itu, menurut Mega, di luar negeri tersedia obat inovatif untuk kanker yang lebih lengkap, karena Indonesia cenderung terlambat untuk obat-obat baru. Jika di negara tetangga sudah tersedia obat terbaru, Indonesia baru menyusul 1-2 tahun kemudian. Tidak hanya itu, bagi pasien kanker yang tinggal di daerah, masalah jarak juga turut memengaruhi. 

"Kadang memang dari segi biaya, transportasi, temen-temen dari luar kota untuk ke Jakarta, mungkin sama mahalnya untuk ke luar negeri. Tapi tentu, dolar sama rupiah tentu beda. Tapi sebenarnya sebelum pandemi ini, banyak yang berobat ke Penang atau Kuala Lumpur (Malaysia). Karena untuk teman-teman yang di Medan, mereka kan berobatnya (lebih dekat) ke Penang," paparnya. 

Ilustrasi Kanker

Ilustrasi Kanker

Photo :
  • Times of India

"Kami sebenarnya sebagai pasien kanker akan lebih nyaman kalau kita bisa berobat di negeri sendiri. Kadang-kadang pasien kanker paru itu juga gak nyaman untuk ke luar negeri, karena keadaannya sudah buruk," tambah Megawati Tanto yang juga penyintas kanker paru.