Bukan Makanan, Ini yang Bikin Usus Bisa Alami Kebocoran 

Ilustrasi usus.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Makanan yang kita konsumsi sehari-hari memang bisa membawa dampak baik atau sebaliknya. Konsumsi makanan yang tidak sehat dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, juga penyakit yang serius. 

Ternyata Bukan Nasi, Ahli Gizi Ungkap Makanan yang Bikin Berat Badan Naik Drastis

Bahkan ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu, seperti alkohol, produk berbasis susu dan beberapa jenis telur, dapat menyebabkan usus mengalami kebocoran. Benarkah demikian? 

Dokter Spesialis Gastroenterologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, FINASIM, mengatakan, kalau dari faktor makanan saja tidak akan sampai menyebabkan usus mengalami kebocoran. 

24 Jam Singgah di Dubai Setelah Umrah, Bisa ke Mana Aja?

"Kalau cuma makanan saja, okelah susu, kopi, cabai kalau memang cabainya cabai asli dari buah cabai, itu sebenernya tidak sampai bocor," ujarnya saat Virtual Media Breafing 'Apakah Benar GERD Tidak Mengancam Jiwa,' yang digelar Kamis, 10 Februari 2022. 

Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam

Photo :
  • Youtube/VDVC talk
1,9 Miliar Orang Diprediksi Alami Obesitas di 2035

Prof. Ari mengungkap, kebocoran pada usus terjadi karena faktor kumulatif. Salah satunya karena konsumsi obat-obatan penghilang rasa nyeri atau sakit. 

"Atau dia mengonsumsi berbagai macam herbal yang di dalamnya ada zat kimia. Jadi, intinya ada produk zat kimia yang dikonsumsi yang dapat menyebabkan kebocoran," terang dia. 

Untuk menjaga kesehatan usus dan mencegahnya dari kebocoran, Ari, turut memberikan beberapa tips. 

"Prinsipnya, orang sakit maag berhubungan dengan faktor psikis, berarti pengendalian diri, jaga makannya, menghindari makanan yang asam-asam dan pedas-pedas, jangan mengonsumsi obat sembarangan," paparnya. 

Ari lebih lanjut mengatakan, hindari juga konsumsi obat kimia terlalu sering. Jika timbul keluhan kesehatan, cobalah atasi dengan cara alami terlebih dahulu dan jangan langsung memutuskan untuk minum obat. 

"Jangan dikit-dikit sakit kepala minum obat. Karena sakit kepala itu karena kurang tidur, ya udah tidur aja, mudah-mudahan bangun tidur enak. Atau sakit kepala itu karena ketegangan otot, ya udah stretching aja. Dengan stretching kanan-kiri, ketegangan berkurang, ilang pusingnya," tutur dia. 

Pada intinya, Ari menyampaikan, sebisa mungkin cobalah untuk menghindari konsumsi zat kimia, yang dapat membahayakan tubuh, termasuk bikin usus kita bocor. 

"Artinya, kita berusaha untuk menghindari konsumsi zat kimia yang memang akan membawa dampak. Jadi makan teratur, tidak stres, pengendalian diri, menghindari konsumsi obat-obatan yang tidak jelas efeknya dan tidak sesuai dengan ketentuan dokter," tukas Prof. Ari Fahrial Syam.

Seperti diketahui sebelumnya sempat beredar kabar bahwa konsumsi makanan tertentu seperti telur hingga produk susu bisa menyebabkan masalah usus bocor. Selengkapnya baca di sini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya