5 Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel

Ketombe
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Munculnya ketombe memang selalu mengganggu penampilan kita, baik itu pria maupun perempuan, hal ini tidak bisa dipungkiri rasa malu ketika tahu ada ketombe jatuh kesakitan baju dan membuat pandangan tidak enak dilihat.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab munculnya ketombe. Mulai dari kebersihan kulit kepala yang kurang terjaga, kulit kepala kering, penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok, hingga infeksi jamur kulit.

Ketombe yang muncul bukan hanya bikin penampilan dan rasa malu saja, akan tetapi ketombe juga menyebabkan gatal pada kulit bagian kepala, sehingga banyak sekali yang memiliki banyak ketombe ingin terus menggaruknya, padahal melakukan penggarapan secara berlebihan itu akan menyebabkan infeksi pada kulit kepala.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Berikut beberapa cara untuk mengatasi ketombe yang tumbuh di kepala anda, seperti dikutip dari Halodoc, sebagai berikut.

1. Rutin Pake Sampo Antiketombe

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Jika kamu memiliki rambut yang mudah berminyak, maka rutin keramas untuk mengatasi ketombe, dengan melakukan keramas secara rutin mungkin ketombe dan rasa gatal di kepala anda.

Saat keramas, gunakan sampo antiketombe, yang mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Selain membantu menghilangkan ketombe, sampo dengan kandungan bahan tersebut juga bisa meredakan gejala gatal pada kulit kepala, akibat ketombe.

2. Pakai Minyak Kelapa.

Minyak kelapa adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup oleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala.

Kemudian diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tak hanya menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membuat kulit kepala tetap terawat.

3. Baking Soda

Baking soda yang biasanya suka sebagai pembersih alami, baking soda juga merupakan salah satu bahan yang tepat untuk menghilangkan ketombe di kepala, Cara kerjanya dengan mengelupas dan menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala.

Cara pemakaiannya cukup mudah, campurkan baking soda dengan beberapa tetes air, kemudian gosokkan kebagian kepala secara merata, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel yang tinggi dengan kandungan asamnya, cuka apel mengandung enzim yang dapat membunuh jamur dan bakteri.

Cara pemakaiannya juga terbilang cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan 60 mililiter Cuka sari ditambah 60 mililiter air kemudian satukan dalam satu botol kemudian disemprotkan kebagian kepala, lalu tutup dengan handuk kurang lebih 15-20 menit, kemudian setelah itu cuci dengan air bersih.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau yang disebut minyak pohon teh, ini juga terkenal bisa menghilangkan ketombe yang membandel di kulit kepala, dan bisa mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda bisa mencampurkannya dengan shampo yang biasa anda gunakan, jangan terlalu banyak cukup beberapa tetes saja, dan pastikan terlebih dahulu, bahwa anda tidak memiliki alergi terhadap minyak pohon teh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya