Tingkatkan Imun Lawan Omicron, Yuk Konsumsi Makanan Ini

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh agar tak mudah terinfeksi COVID-19. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan asupan nutrisi yang seimbang serta bervariasi. 

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Kasus COVID-19 di Indonesia mengalami lonjakan pesat. Mengutip data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, jumlah kasus baru tercatat sebanyak 46.843 per Rabu, 9 Februari 2022. Di mana sebagian besar kasus didominasi oleh varian Omicron yang sangat infeksius. 

Maka dari itu, selain melakukan vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan, kita juga diimbau untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melalui konsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), makanan sehat merupakan makanan yang memenuhi gizi yang seimbang, berisi makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan yang bervariasi. 

ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels
Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Untuk membantu melawan COVID-19, makanan yang mengandung protein nabati, mineral, antioksidan dan serat, juga sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. 

WHO sendiri menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi, termasuk menambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalamnya. Membatasi asupan gula, garam dan lemak (GGL), juga tidak kalah penting.  

Badan kesehatan itu juga menyarankan untuk mengonsumsi biji-bijian yang bervariasi, di antaranya gandum, nasi, kacang-kacangan seperti lentil. Beberapa makanan dari sumber hewani, seperti daging, ikan, telur dan susu, juga harus dimasukkan ke dalam menu harian. 

Namun sayangnya dengan aktivitas masyarakat yang padat, seringkali mereka tidak mempunyai waktu untuk memasak. Belum lagi, minimnya pengetahuan masyarakat mengenai jenis-jenis makanan yang mengandung gizi seimbang, membuat pemenuhan nutrisi semakin sulit dipenuhi. 

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Unsplash

Menjawab kebutuhan tersebut, founder Soul in a Box Katering, Ayesha Kusuma Wardhani, menawarkan paket makanan sehat. Paket makanan ini terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan sayur, yang telah diukur dan ditimbang sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan, yaitu Isi Piringku. 

"Menu yang dibuat sangat bervariasi misalkan untuk karbohidrat sendiri, kami menggunakan berbagai jenis varian mulai dari nasi merah, nasi hitam, mashed potatoes, potato wedges dan juga berbagai varian pasta. Untuk protein nabati, kami menggunakan berbagai macam kacang-kacangan dan juga varian tahu dan tempe," ujar Ayesha dalam keterangannya, Kamis 10 Februari 2022. 

Sedangkan untuk sayur, mereka menyediakan sup, salad dan sayur tumis. Untuk buah, paket makan sehat ini sudah disesuaikan dengan anjuran buah yang banyak mengandung antioksidan, seperti jeruk, buah naga, nanas dan juga anggur. 

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Istimewa

"Paket makanan sehat ini dibuat untuk menjawab banyak permintaan dari customer yang sedang melakukan isolasi mandiri atau menjalani gaya hidup sehat," kata dia. 

Ayesha lebih lanjut mengatakan, mereka memasak dengan bumbu-bumbu yang dipercaya dapat mencegah COVID-19, antara lain yogurt yang mengandung probiotik, kunyit yang mengandung antioksidan anti-inflamasi dan bawang putih dengan anti-virus alami. 

"Sehingga tidak hanya mendapatkan makanan yang bergizi, tetapi juga lezat, variatif dan berguna untuk menangkal COVID-19 dan varian Omicron," tutup Ayesha Kusuma Wardhani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya